Friday, 30 Zulhijjah 1435 / 24 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

Gunung Lokon Meletus Lagi

Thursday, 06 December 2012, 17:48 WIB
Komentar : 1
Gunung Lokon
Gunung Lokon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gunung Lokon yang terletak di Sulawesi Utara kembali meletus. Menurut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Kamis (6/12), letusan itu terjadi pada hari ini, pukul 17.18'57" WITA. 

"Ketinggian kolom abu letusan +- 3.500 meter dari Kawah Tompaluan, berwarna abu kelabu tebal. Disertai suara dentuman kuat yang terdengar di Pos Gunung Lokon berjarak sekitar 6 km dari Kawah Tompaluan," kata Sutopo melalui pesan singkatnya yang diterima ROL. Dikatakannya, abu letusan tertiup angin lemah ke arah tenggara - selatan.

Karena itu, pihaknya menyampaikan bahwa letusan Gunung Lokon semakin membesar dibandingkan enam bulan yang lalu. Hal ini, kata dia, sebagai dasar agar masyarakat dan pihakt terkait semakin waspada. "Hal ini agar tidak dianggap kejadian rutin, sehingga mengakibatkan lengah atau tidak waspada. Lokon berubah pola letusannya, antisipasi dengan cara yang berubah pula, tetap waspada, dan tetap siaga."

Redaktur : Dewi Mardiani
Tiada beriman kepadaku orang yang bermalam (tidur) dengan kenyang sementara tetangganya lapar padahal dia mengetahui hal itu. ((HR. Al Bazzaar))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Pengamat AS: Jokowi Perlu Bentuk Pemerintahan yang Profesional
Hiruk pikuk transisi demokrasi telah usai, kini pasangan Jokowi-JK resmi menjadi pemimpin negara dan mengemban amanah rakyat. Namun menurut sejumlah pengamat, Presiden Jokowi...