Jumat , 30 November 2012, 22:25 WIB

Presiden Tony Tan Kagumi Tari Golek Menak

Red: Yudha Manggala P Putra
AP/Wong Maye-E
Tony Tan
Tony Tan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Presiden Singapura Tony Tan Keng Yam mengagumi tari Golek Menak karya mendiang Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang ditampilkan saat mereka berkunjung ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Jumat malam.

"Presiden Singapura menyatakan kagum saat menyaksikan tarian tersebut sebelum jamuan makan malam," kata Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Menurut dia, usai menerima kunjungan Presiden Singapura Tony Tan Keng Yam bersama istri Mary Tan dan rombongan, beliau tertarik dengan tari Golek Menak yang merupakan salah satu karya budaya Jawa.

"Jadi, kami hanya membicarakan tarian dan budaya. Dalam kunjungan tersebut tidak ada pembicaraan kerja sama apa pun, hanya menyaksikan pentas tari dan jamuan makan malam," kata Sultan yang juga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini.

Presiden Singapura dan istri didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh serta rombongan tiba di keraton sekitar pukul 19.15 WIB, disambut Sultan dan istri GKR Hemas didampingi putrinya GKR Pembayun di Regol Donopratolo.

Mereka kemudian menuju Gedhong Jene diiringi alunan gamelan yang membawakan tembang Monggang, dan mendapatkan penghormatan dari prajurit keraton.

Di Gedhong Jene mereka mengadakan pertemuan, dan pembicaraan sekitar 15 menit, kemudian menuju Bangsal Kencana untuk menyaksikan tari Golek Menak.

Sumber : Antara