Friday, 24 Zulqaidah 1435 / 19 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

PT KAI: Jalur KA Malang-Surabaya Aman

Wednesday, 24 October 2012, 20:30 WIB
Komentar : 0
  Petugas PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengukur kerataan rel kereta api di kawasan Jatinegara,Jakarta,Kamis (6/9).   (Agung Fatma Putra)
Petugas PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengukur kerataan rel kereta api di kawasan Jatinegara,Jakarta,Kamis (6/9). (Agung Fatma Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- PT KAI Daerah Operasi (Daops) VIII Surabaya memastikan jalur kereta api (KA) Malang-Surabaya yang melewati Porong masih aman meski pada musim hujan.

Kepala Daops VIII Maulana Nurcholis, Rabu (24/10), mengatakan pihaknya sudah melakukan pemantauan dan inspeksi mendadak (sidak) jalu KA Surabaya-Malang dan hasilnya, kondisi seluruh rel di jalur tersebut aman, termasuk di kawasan Porong, Sidoarjo.

"Tidak ada yang perlu dikhawatirkan khususnya penyangga bantalan rel di kawasan Porong yang bisa ambles akibat air hujan," tegas Maulana usai sidak di Stasiun Kotabaru Malang.

Maulana membantah jika akhir-akhir ini ada yang mengatakan rel di Porong ambles karena pengaruh kadar aor. "Itu tidak benar, sebab kami sudah melakukan pengecekan secara langsung di lokasi," tandasnya.

Ia menjelaskan, seluruh bantalan rel kereta yang ada di wilayah Daops VIII terbuat dari beton, sehingga lebih kuat menyangga beban dan kecil kemungkinan terjadinya ambles. Bahkan, di jalur Porong khususnya yang berdekatan dengan tanggul lumpur Lapindo juga sudah dilakukan perbaikan dan pengawasan di sepanjang jalur rel.

Selain melakukan pemantauan guna mencegah amblesnya rel, katanya, PT KAI juga memberlakukan aturan bahwa setiap kereta api yang melintasi jalur tersebut harus mengurangi kecepatannya, yakni maksimal 20 kilometer per jam.

"Kami jamin kejadian anjloknya KA Prambanan express di Sleman tidak akan terjadi di jalur Surabaya-Malang, bahkan diseluruh wilayah operasi Daops VIII. Semua kemungkinan terburuk sudah kami antisipasi agar tidak sampai terjadi," tegasnya.

Redaktur : Yudha Manggala P Putra
Sumber : Antara
Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta, benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.(QS At Taubah ( 9:20))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Gadai SK, Jadi Cerminan Masalah RUU Pilkada?
 MAKASSAR -- Belakangan ini banyak anggota DPRD terpilih yang menggadaikan SK. Terkaiy hal tersebut pakar komunikasi politik Effendi Gazali menilai itu sebuah hal...