Rabu 17 Sep 2014 11:49 WIB

Lengkapnya, Layanan Puskesmas Wisata di Ujung Genteng

Layanan kesehatan di puskesmas wisata
Foto: dok Bio Farma
Layanan kesehatan di puskesmas wisata

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Namanya Puskesmas Wisata. Namun jangan salah, meski ada embel-embel wisata, jenis pelayanannya sama dengan puskesmas lainnya. Bahkan keunggulan puskesmas ini, beroperasi meski hari libur/ahad termasuk hari raya.

Karena namanya puskesmas wisata, bangunannnya sengaja didirikan di daerah wisata di Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi. Menurut Kahumas PT Bio Farma, N Nurlela, beragam jenis layanan d puskesmas ini yakni;

a. Pelayanan kesehatan Ibu dan anak.

b. Pelayanan poli gigi.

c. Pelayanan dokter umum.

d. Pelayanan bersalin.

E. Pelayanan UGD

Lalu, lokasi wisata seperti apa yang disasar Bio Farma? Menurut N Nurlela, Lokasi wisata yang disasar oleh Biofarma adalah wilayah wisata mempunyai potensi alam. Lebih darti itu, lokasi wisata yang masyarakatnya sangat mendukung rencana program CSR Biofarma yang akan dilaksanakan.

"Untuk saat ini  baru dibangun puskesmas di Desa Ujung Genteng, ke depan rencana setiap tahun Biofarma akan membangun 1 unit puskesmas didaerah wilayah wisata," ujarnya kepada ROL, Rabu (17/9).

Disebutkan, Bio Farma adalah salah satu BUMN yang bergerak dibidang industri farmasi.

Karenanya, membangun puskesmas wisata adalah sebagai bentuk pelaksanaan program Acces to Medicine dan healthcare. Yang menjadi tujuan utama untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang sangat membutuhkan.

Menurut dia untuk investasi pembangunan puskesmas wisata dilihat dari beberapa faktor. Yakni,

-jarak jauh/dekatnya wilayah yang akan dibangun.

-Area luas bangunan yang akan dibangun.

-Kelengkapan peralatan untuk penunjang pelayanan kesehatan

"Biaya yang dikeluarkan untuk membangun puskesmas parawisata yang telah dilaksanakn di wilayah Desa Ujung Genteng adalah sebesar lebih kurang Rp  1 miliar," ujarnya. adv

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement