Selasa , 12 September 2017, 16:45 WIB

Dosen AMIK BSI Pontianak Ajarkan Pembuatan Laporan Keuangan

Red: Irwan Kelana
Dok BSI
Dosen AMIK BSI Pontianak memberikan pelatihan menggunakan aplikasi MoA barcode dan POS kepada alumni Inkubator Bisnis Bank Indonesia (IBBI).
Dosen AMIK BSI Pontianak memberikan pelatihan menggunakan aplikasi MoA barcode dan POS kepada alumni Inkubator Bisnis Bank Indonesia (IBBI).

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Dosen AMIK BSI Pontianak kembali menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pelaksanaan kegiatan kali ini bertempat di Inkubator Bisnis Bank Indonesia (IBBI), Kalimantan Barat, Jalan Rahadi Usma nomor 2, Kota Pontianak.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, 14 sampai dengan 16 Agustus 2017 ini bertemakan ‘Pemanfaatan MoA Barcode and Point Of Sales (POS) Dalam Pengolahan Data Keuangan Usaha Kecil Menengah Pada Inkubator Bisnis Bank Indonesia Kalimantan Barat’ dengan memanfaatkan smartphone yang dapat mengoperasikan aplikasi android.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat AMIK BSI Pontianak Windi Irmayani SE, MKom menjelaskan,  tujuan kegiatan ini sebagai penunjang kegiatan wirausaha sehingga dapat lebih efektif dan efisien.
 
“Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai pembuatan laporan keuangan bagi para peserta yang sebagian besar pernah mengikuti pelatihan di Inkubator Bisnis BI dan  telah memiliki usaha,” tutur Windi.

Lebih lanjut Windi menjelaskan, seluruh peserta yang berjumlah 18 orang ini menerima materi mengenai transaksi keuangan, dilanjutkan dengan materi MoA Barcode and POS serta penginstalan aplikasi.  Pelatihan ditutup dengan latihan studi kasus untuk mengukur sejauh mana pemahaman terhadap materi yang telah disampaikan.

Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Salah satunya, Kiki (24), sangat berharap bahwa pelatihan-pelatihan berikutnya dapat dilaksanakan kembali secara berkesinambungan dengan materi yang berbeda dan jangka waktu pelatihan yang lebih lama.

Sementara Konsultan Pemberdayaan UMKM BI KPW Kalimantan Barat, Hatta Siswa Mahyahya menyampaikan rasa terima kasih kepada civitas akademika AMIK BSI Pontianak atas pelatihan yang diselenggarakan.

“Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat positif kepada anak didik kami berupa wawasan dan keterampilan di bidang IT. Caranya, dengan memanfaatkan aplikasi MoA Barcode and POS untuk menunjang laporan keuangan usaha mereka. Serta dapat terjalin kerja sama yang baik antara AMIK BSI Pontianak dengan Inkubator Bisnis Bank Indonesia,” tutur Hatta.