Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Basarah: Investasi SDM Kunci Indonesia Jadi Negara Pemenang

Senin 16 Apr 2018 15:16 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Gita Amanda

Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah.

Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah.

Foto: MPR RI
Dengan SDM andal Indonesia bisa mewujudkan kedaulatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah, dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Jember memberi pembekalan kepada mahasiswa calon penerima Beasiswa Utusan Daerah Kabupaten Jember yang bertempat di Gedung Aula Panglima Besar Soedirman, Kantor Bupati Jember, Senin (16/4). Dalam paparannya di depan sekitar 2000 mahasiswa, Basarah mengatakan Indonesia ditakdirkan oleh Tuhan sebagai negeri yang melimpah Sumber Daya Alamnya.

Namun, justru di negeri yang kaya raya, gemah ripah loh jinawi ini, kekayaan alam masih dikuasai dan dieksploitasi oleh asing. "Bangsa kita masih tergantung secara ekonomi terhadap bangsa asing," kata Basarah.

Hal itu ditengarai Basarah karena kita tidak memiliki kualitas dan karakter Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul untuk mengelola kekayaan bangsa Indonesia. Sehingga Indonesa tidak bisa menjadi tuan di negerinya sendiri.

Padahal, Bung Karno dalam Pidato HUT RI tahun 1966 sudah mengingatkan bahwa membangun suatu negara, membangun ekonomi, membangun teknik, pertama-tama adalah membangun jiwa bangsa. Sekali lagi mutlak perlunya nation and character building. "Dalam beberapa tahun-tahun ke depan kita akan menghadapi hukum kelangkaan di mana terjadi kesenjangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan ketersediaan sumber daya alam yang terbatas. Faktanya hari ini pun kita sudah berada dalam persaingan bahkan peperangan perebutan sumber daya alam antar negara" ujar Basarah seperti dalam siaran persnya.

Sehingga mutlak perlunya investasi sumber daya manusia melalui perbaikan kualitas pendidikan. "Investasi materil harus disertasi dengan investasi sumber daya manusia karena kekayaan terbesar Indonesia bukan terletak pada minyak, emas, batu bara dan hasil lautnya, kekayaan bangsa ini justru ada pada manusianya. Dengan SDM yang andal kita bisa mewujudkan kedaulatan politik, keberdikarian ekonomi, kepribadian yang berbudaya" pungkas peraih gelar doktor dari Universitas Diponegoro ini.

photo
Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah bersama Bupati Jember Faida menyerahkan beasiswa untuk memperkuat kualitas SDM Jember.

Sementara itu, Bupati Jember, Faida mengatakan bahwa pemberian beasiswa ini adalah wujud pemenuhan janji kerja dirinya sebagai pemimpin masyarakat Jember. Diharapkan apa yang dilakukan pemerintah daerah dapat memperkuat kualitas SDM khususnya di Jember.

Turut hadir dalam acara itu Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kemenkumham, Widodo Ekatjahjana, unsur Forkompimda Jember, Direktur Puskapsi, Bayu Dwi Anggono serta tamu dan undangan lainnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler