Tuesday, 14 Syawwal 1445 / 23 April 2024

Tuesday, 14 Syawwal 1445 / 23 April 2024

Gerhana, Zulkifli: Manfaatkan untuk Doa dan Kontemplasi

Rabu 31 Jan 2018 18:31 WIB

Rep: Amri Amrullah/Ali Mansur/ Red: Gita Amanda

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

Foto: MPR RI
Zulkifli berharap tahun politik ini bangsa diberi kekuataan untuk menjalankan amanat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Zulkifli Hasan mengimbau bangsa Indonesia untuk memanfaatkan fenomena Gerhana Bulan, Rabu (31/1). Zulkifli meminta masyarakat untuk berkontemplasi dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk keselamatan bangsa dan negera.

Menurut Zulhasan, sapaan Zulkifli, fenomena yang baru terjadi setelah satu setengah abad ini sangat unik dan layak untuk direnungkan. "Bagi bangsa Indonesia yang berketuhanan Yang Maha Esa gerhana bulan adalah tanda kebesaran Tuhan," kata Zulhasan, Rabu.

Zulhasan yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) ini mengimbau umat Islam untuk melaksanakan shalat sunah Gerhana Bulan (shalat khusuf) dan berdoa demi keselamatan dan kesejahteraan bangsa. Ia berharap semoga di tahun politik ini bangsa Indonesia diberi kekuatan untuk menjalankan amanat demokrasi dengan baik.

Ditambahkan, tahun ini ada bencana dan penyakit yang melanda. "Semoga kita mendapat lindungan dari Allah," tambahnya.

Bagi masyarakat yang ingin menikmati fenomena ini sebagai objek penelitian ilmiah dan peristiwa wisata, Zulhasan menambahkan masyatakat bisa mencatatnya sebagai catatan ilmiah bagi anak cucu. "Untuk yang melihat Gerhana Bulan sebagai fenomena wisata silakan menikmati dengan tertib dan nyaman", ujarnya.

Gerhana Bulan Super Blue Blood Moon diprediksi akan terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Gerhana bulan ini dianggap langka karena bertepatan dengan fenomena supermoon dan blue moon.

Supermoon, alias bulan super, merupakan keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan bumi.Super Blue Blood Moon adalah gerhana bulan total yang terjadi saat bulan dalam posisi paling dekat dengan bumi dan muncul secara penuh (purnama).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler