Tuesday, 14 Syawwal 1445 / 23 April 2024

Tuesday, 14 Syawwal 1445 / 23 April 2024

Ormas Kirim Relawan Jihad, MPR: Hargai Upaya Pemerintah

Kamis 07 Sep 2017 18:24 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Gita Amanda

Ketua MPR Zulkifli Hasan berbicara soal Rohingya usai menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar Pancasila di Universitas Balikpapan.

Ketua MPR Zulkifli Hasan berbicara soal Rohingya usai menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar Pancasila di Universitas Balikpapan.

Foto: MPR RI

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan meminta masyarakat Muslim di Indonesia menghargai upaya Pemerintah Indonesia menekan Pemerintah Myanmar soal Rohingya. Ini terkait beberapa pihak dari ormas Islam yang berencana mengirim 1.000 relawan jihad ke Rakhine State, Myanmar.

"Saya kira kita harus berdiri di belakang pemerintah, kompak mendukung pemerintah agar bisa menekan Myanmar untuk hentikan kekerasan yang terjadi," kata Zulkifli Hasan usai menjadi pemateri Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Universitas Balikpapan, Kamis (7/9).

Jadi ia berharap tidak perlu untuk mengirim relawan jihad ke Rakhine State, Myanmar. Langkah pemerintah terkait konflik kemanusiaan ini, menurutnya sudah cukup tepat dalam menekan Myanmar.

MPR, lanjut dia, juga berharap bisa mengajak negara negara di Asean dan PBB bersama NGO untuk menghentikan kejahatan kemanusiaan di Rohingya secara permanen. Jangan persoalan ini memunculkan pertentangan di antara bangsa Indonesia.

"Ini bukan soal agama, teman-teman dari Hindu, Budha dan non-muslim juga kan mengutuk keras kekerasan kepada kemanusiaan ini. Tidak ada agama yang mengajarkan teror, tidak ada. Ini perilaku rezim dan oknum," ujar Zulkifli menegaskan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler