Tuesday, 7 Syawwal 1445 / 16 April 2024

Tuesday, 7 Syawwal 1445 / 16 April 2024

Ketua MPR Dukung Langkah RI Hentikan Tragedi Rohingya

Senin 04 Sep 2017 11:25 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Dwi Murdaningsih

Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan

Foto: humas MPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR Zulkifli Hasan mendukung langkah Pemerintah Indoensia yang berupaya menghentikan aksi kejahatan kemanusiaan terhadap kelompok etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar. Hal ini pasca Presiden RI Joko Widodo mengeluarkan pernyataan terkait kondisi Rohingya dan mengirim utusan melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

"Kita support penuh Pak Presiden dan Bu Menlu yang segera bekerja keras untuk membantu saudara kita yang menghadapi tragedi kemanusiaan. Kita mengutuk keras agar ada tindakan nyata," ujar Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin (4/9).

Menurutnya, persoalan Rohingya adalah persoalan kemanusiaan dan bukan persoalan agama, sehingga sudah seharusnya semua pihak tergerak hatinya untuk menghentikan tragedi tersebut.

  "Anak anak perempuan rumahnya dibakar, anaknya dibunuh. Saya ini mantan menteri perhutanan, harimau mati satu saja orang geger. orang utan mati satu jatuh dari pohon dunia geger, lah ini ribuan orang," ujarnya.

Menurutnya, Pemerintah juga telah bersikap sehingga saat ini tinggal menunggu sikap negara-negara lain di dunia atas kejahatan kemanusiaan tersebut. 

"Itu juga akan menggalang dunia, OKI PBB menekan Myanmar agar menghentikan segera," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler