Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Ketua MPR: Jadikan Pancasila Perilaku Bangsa

Jumat 04 Aug 2017 21:48 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Karta Raharja Ucu

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, saat menyampaikan orasi ilmiah di Universitas Haluoleo Kendari, Sulawesi Tenggara.

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, saat menyampaikan orasi ilmiah di Universitas Haluoleo Kendari, Sulawesi Tenggara.

Foto: Dok Humas MPR RI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan menegaskan perbedaan adalah kekayaan Indonesia, dan keberagaman sudah menjadi identitas yang tidak perlu lagi diperdebatkan, apalagi menjadi sumber konflik. "Kesepakatan untuk bersatu dalam keberagaman sudah selesai 71 Tahun lalu. Bangsa Indonesia harus move on," ujar Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, saat menyampaikan Orasi Ilmiah di Universitas Haluoleo Kendari Sulawesi Tenggara, Jumat (4/8).

Karena itu, ia tegas menolak stigma Pancasilais atau tidak Pancasilais, maupun toleran atau tidak toleran hanya karena perbedaan pandangan politik. "Karena Pancasila kita bersatu dan karena Pancasila kita gotong royong ingin sejahtera bersama. Hentikan menebar stigma atas nama Pancasila," ujar Ketua MPR kepada 2.000 lebih Civitas Academica Universitas Haluoleo dan Mahasiswa dari seluruh Kendari.

Untuk itu, lanjut Zulkifli, rakyat Indonesia sekarang harus move on cepat melesat jauh tinggi mengejar ketertinggalan dengan bangsa-bangsa lain. "Inilah tugas generasi muda Universitas Haluoleo. Sulawesi Tenggara memiliki kekayaan alam yang sangat kaya. Tapi apakah kekayaan itu sudah dinikmati masyarakat sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945 pasal 33? Apakah kesejahteraan sudah merata?" katanya.

Zulkifli memahami banyak anak muda yang kritis terhadap situasi bangsa dan negara akhir akhir ini. Tapi pesimisme bukanlah jalan keluar "Selama matahari bersinar, selama itu juga harapan tetap ada. Matahari tidak pernah ingkar janji," ucap dia.


  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler