Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Zulkifli Hasan: Indonesia Tempat Keberagaman

Senin 17 Jul 2017 17:09 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Bilal Ramadhan

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Foto: dok. MPR RI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR Zulkifli Hasan percaya bahwa keberagaman di Indonesia sudah final sejak 71 Tahun lalu. Karena itu ia percaya Toleransi menemukan tempat terbaiknya di Indonesia.

"Kita sudah selesai soal perbedaan suku dan agama. Indonesia adalah tempat dimana keberagaman diterima sebagai kesepakatan bersama," kata Ketua MPR saat hadiri perayaan Ulang Tahun Yang Mulia Kongco Kwan Sing Tee Koen ke 1857 di Klenteng Kwan Sing Bio, di Tuban Jawa Timur, Ahad (16/7).

Zulkifli Hasan berharap momen perayaan ulang tahun Kongco Kwan Sing Tee Koen ke-1857, digunakan untuk memperkuat persaudaraan sebagai bangsa. Ia mengaku terkesan dengan toleransi yang ditunjukkan masyarakat Tuban.

"Kelenteng ini berdiri di tengah masyarakat Tuban yang mayoritas muslim. Ini bukti bahwa bangsa Indonesia sudah terbiasa hidup berdampingan dalam keberagaman," ujar Zulkifli.

Ketua MPR mengungkapkan, 50 tahun dari sekarang industri sudah merambah di berbagai sektor, mulai dari pertanian, hingga perhotelan. Semua menggunakan mesin, dan tidak lagi memakai tenaga manusia.

"Itulah tantangan kita dimasa depan, karena itu kita harus memberi bekal ilmu dan teknologi kepada para penerus agar bisa bersaing dengan bangsa-bangsa lain," katanya.

Dikatakan Zulkifi Hasan, masih banyak tantangan yang harus dihadapi bangsa Indonesia ketimbang terus menerus mempermasalahkan perbedaan "Sekarang waktunya maju bersama, apapun latar belakangnya. Mari bicara bagaimana Indonesia menghadapi Globalisasi dan menguasai Iptek," ungkap Zulkifli.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler