Thursday, 9 Syawwal 1445 / 18 April 2024

Thursday, 9 Syawwal 1445 / 18 April 2024

Tiga Syarat Indonesia Jadi Negara Maju

Senin 17 Jul 2017 13:00 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

Foto: Dok Humas PKS

REPUBLIKA.CO.ID, TUBAN -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyebutkan tiga syarat negara untuk maju, antara lain ilmu pengetahuan, kepercayaan rakyat pada pemerintahnya dan adanya nilai-nilai luhur bangsa. Menurut Zulkifli, kepercayaan juga akan muncul dari rakyat kepada pemerintah, gubernur, pemerintah daerahnya, kalau kebijakan-kebijakan, keputusan yang diambil bukan semata untuk suatu golongan, melainkan untuk kepentingan orang banyak.

Sebaliknya, Zulkifli mengatakan, tanpa ketiga syarat itu, sulit bagi negara untuk maju. "Sejarah ini banyak menunjukkan kalau kebijakan dibikin untuk kepentingan kelompoknya saja dan jangka pendek, ya kita hanya sampai pada negara yang berkembang, negara takkan maju. Seperti Filipina terperangkap, bikin UU untuk kepentingan golongan jangka pendek," kata Zulkifli di Tuban, Jawa Timur, Senin (17/7).

Sedangkan untuk nilai-nilai luhur, kata Zulkifli, Indonesia memiliki Pancasila. Indonesia terdiri dari beragam suku, agama, harus saling menghormati, bukan saling menista, menghina. Zulkifli Hasan mengingatkan, 50 tahun dari sekarang, industri sudah merambah di berbagai sektor, mulai dari pertanian, hingga perhotelan. Itulah tantangan di masa depan yang harus dipikirkan ketimbang terus menerus mempermasalahkan perbedaan.

"Sekarang tugas kita memikirkan itu, kita semua punya hak, kesempatan sama, berjuang di bidang apa pun. Kalau menjunjung Pancasila, yakinlah Indonesia bisa maju, besar, jaya, tidak kalah dengan negara lain di dunia," kata dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler