Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Ketua MPR: Tiga Syarat Menjadi Negara Maju

Jumat 14 Jul 2017 16:03 WIB

Red: Ratna Puspita

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Foto: Humas MPR RI

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan mengatakan terdapat tiga syarat penting untuk menjadi bangsa yang maju di tingkat global.

"Pertama bangsa itu harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kalau itu harus, maka pendidikan harus yang benar," katanya dalam acara Penganugerahan Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta Pendidikan Masyarakat Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional di Bengkulu, Jumat (14/7).

Ia mengatakan pendidikan harus mengarah pada efisiensi dan produktivitas. Tanpa efisiensi dan produktivitas maka dipastikan akan kalah dalam kompetisi global.

Kedua, menurut dia, suatu bangsa akan maju bila ada rasa kepercayaan. Rasa kepercayaan itu akan muncul kalau pemimpinnya menerbitkan kebijakan yang adil untuk semua. "Kalau hanya untuk kelompok yang ada 'distrust', ketidakpercayaan," kata Zulkifli.

Ketiga, bangsa besar dan maju bila memiliki nilai-nilai dan karakter. Untuk itu, nilai-nilai dan karakter dibangun sejak dini. "Karena penting sekali guru-guru PAUD meletakan dasar-dasar pada usia emas," ujar Zulkifli.

Ia menambahkan Indonesia telah memiliki nilai-nilai dan karakter bangsa yaitu Pancasila. Untuk itu, penguatan pendidikan karakter saat ini dibutuhkan untuk membentengi ideologi yang tidak sesuai.

Dalam Acara yang dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendy, Plt Gubernur Bengkulu, Forkompimda Provinsi Bengkulu dan sekitar 1.400 peserta guru dan Tenaga Pendidikan PAUD seluruh Indonesia tersebut, Ketua MPR menyampaikan sosialisasi empat pilar kebangsaan.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler