Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Pesan Ketua MPR untuk Kepala Daerah

Senin 19 Jun 2017 22:01 WIB

Red: Didi Purwadi

Ketua MPR Zulkifli Hasan memberi sambutan dalam sebuah acara. (ilustrasi)

Ketua MPR Zulkifli Hasan memberi sambutan dalam sebuah acara. (ilustrasi)

Foto: Republika/Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, menyampaikan pesan terkait kepemimpinan di daerah. Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan, mengatakan kepala daerah di Tanah Air perlu untuk mengatasi ketimpangan dalam rangka menerapkan nilai-nilai Pancasila serta menjaga persatuan dan kesatuan di antara anak bangsa.

''Ujian persatuan sekarang adalah kesenjangan,'' ujar Zulkifli dalam rilis, di Jakarta, Senin. ''Tugas Kepala Daerah memastikan bahwa kesejahteraan ekonomi terbagi adil pada rakyatnya.''

Ia menegaskan bahwa bangsa ini sudah berhasil melewati banyak ujian sejarah untuk menjaga persatuan Indonesia tetap kokoh selama 71 tahun sejak hari kemerdekaan. Karena itu, rakyat Indonesia dinilai penting untuk menerapkan nila-nilai Pancasila, khususnya terkait dengan sila ketiga yaitu "Persatuan Indonesia".

"Sila ketiga adalah amanat perasaan senasib sepenanggungan antar anak bangsa. Jadi bukan hanya persatuan wilayah, tapi juga persatuan ekonomi agar tak ada lagi kesenjangan," katanya.

Zulkifli juga meminta warga di berbagai daerah agar pada saat memilih pemimpin jangan sampai terjebak kepada pencitraan. Tetapi, mereka harus benar-benar memilih pemimpin yang menegakkan kedaulatan rakyat.

"Jangan sampai terjebak pencitraan. Pilihlah pemimpin yang dekat sama rakyat, dekat sama mahasiswa serta pemimpin memiliki kapasitas dan integritas," kata Zulkifli.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler