Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Ketua MPR: Pancasila Bukan Hafalan

Jumat 16 Jun 2017 00:16 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Didi Purwadi

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan

Foto: Republika/Wihdan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Zulkifli Hasan, menyampaikan sosialisasi empat pilar kebangsaan di sela-sela kunjungannya di Kota Bandung. Bertempat di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Zulkifli mengingatkan pentingnya empat pilar kebangsaan di hadapan ratusan pelajar.

Dalam materinya, Zulkifli menyinggung terkait Pancasila yang merupakan dasar negara Indonesia. Pemahaman Pancasila telah diberikan sejak di bangku sekolah. Namun, menurutnya, Pancasila bukan sebuah materi yang hanya dihafalkan.

"Pancasila ini pengikat. Pancasila harus dijadikan perilaku hidup sehari-hari. Pancasila bukan hafalan. Ini perilaku dan sikap kita,'' katanya.

Menurutnya, nilai Pancasila harus direalisasikan dalam bentuk sikap dan perilaku sehari-hari. Baik itu pemimpin bangsa juga rakyatnya.

Ia menuturkan Pancasila berisikan pandangan hidup warga Indonesia. Yang mana nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, menjadi pemersatu bangsa.

''Pancasila sebagai fundamen filsafat pandangan hidup yang akan menjadi pemersatu kita dari berbagai latar belakang agama suku dan budaya," ujarnya.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler