Tuesday, 21 Syawwal 1445 / 30 April 2024

Tuesday, 21 Syawwal 1445 / 30 April 2024

Hidayat Nur Wahid Ingatkan Pentingnya Kesadaran Sejarah

Sabtu 03 Jun 2017 23:37 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Hazliansyah

Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid mengisi acara Tabligh Akbar, di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatulah, Sabtu (3/6).

Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid mengisi acara Tabligh Akbar, di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatulah, Sabtu (3/6).

Foto: Humas MPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid mengingatkan kepada mahasiswa pentingnya kesadaran sejarah bangsa Indonesia agar memahami betul sejarah negerinya. Hal itu disampaikan Hidayat Nur Wahid di hadapan puluhan Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, dalam rangkaian acara Tabligh Akbar, Sabtu (3/6).

"Kenalilah sejarah, karena bangsa yang tidak kenal sejarah, dia akan mudah punah, dan akan mudah tercerabut," ujar mantan dosen UIN Syarif Hidayatullah tahun 1993-2003 tersebut.

Hidayat juga mengingatkan bahwa hari ini, Sabtu (3/6) atau 9 Ramadhan 1438 H adalah bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 berdasarkan pendekatan hijriah. Dalam kesempatan tersebut Hidayat mengingatkan hubungan antara Indonesia dan umat Islam.

"Kemerdekaan Indonesia dilakukan oleh orang-orang yang sangat terpelajar yang terhimpun dalam Panitia Sembilan. Mereka dengan intelektualismenya menghadirkan kebersamaan dan tanggungjawab sejarah dengan menyepakati Piagam Jakarta," jelasnya.

Terakhir, Hidayat Nur Wahid juga menegaskan pentingnya sinergitas antara intelektual dengan spiritual.

"Indonesia membutuhkan orang-orang yang tidak hanya memiliki keungulan intelektual, tetapi juga keunggulan spiritualitas. Gabungan antara kepedulian sosial, dan tanggung jawab kita sebagai umat Islam," ucap pria lulusan Pondok Pesantren Gontor tersebut.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler