Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Ketua MPR: Zakat Menyucikan Harta

Selasa 30 May 2017 22:22 WIB

Red: Didi Purwadi

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, menunaikan kewajiban zakat mal melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebesar Rp 50 juta. Ia menunaikan zakatnya di gerai Baznas di sebuah pusat perbelanjaan di Senayan, Jakarta, Senin.

"Membayar zakat itu wajib untuk menyucikan harta yang kita miliki. Besarnya hanya 2,5 persen dari harta yang kita miliki," kata Zulkifli Hasan, di sela membayar zakat mal itu pula. Pembayaran zakat mal dari Zulkifli Hasan diterima oleh petugas dari Baznas dan disaksikan oleh Ketua Baznas periode 2015-2020 Bambang Sudibyo.

Zulkifli mengaku setiap tahun membayar zakat dan menghitungnya secara teliti. Sehingga, besaran zakat yang ditunaikannya tersebut  tepat 2,5 persen dari harta yang dimilikinya.

"Saya setiap tahun membayar zakat dan Alhamdulillah harta saya terus bertambah," katanya.

Ketua Baznas, Bambang Sudibyo mengatakan, pembayaran zakat, infak, dan sedekah melalui Baznas selama bulan Ramadan meningkat tajam samapi 30 persen. Menurut Bambang, zakat yang banyak dibayarkan wajib zakat melalui Baznas adalah zakat mal, zakat fitrah, dan zakat penghasilan.

Bambang juga menjelaskan, pada tahun 2016 penerimaan zakat melalui Baznas sekitar Rp 6 triliun. Zakat tersebut antara lain berasal dari presiden, wakil presiden, para menteri, kepala lembaga, serta pejabat eselon satu dengan jumlah sekitar Rp 2 miliar.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler