Friday, 24 Syawwal 1445 / 03 May 2024

Friday, 24 Syawwal 1445 / 03 May 2024

MPR Sosialisasi Empat Pilar Lewat Lomba Lagu Nasional

Ahad 07 May 2017 14:05 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Salatiga, Sabtu (6/5)

Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Salatiga, Sabtu (6/5)

Foto: Dok MPR

REPUBLIKA.CO.ID, Lagu Membangkitkan Rasa Nasionalisme Menggema di Kota Paling Toleran di Indonesia

 

SALATIGA -- Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Salatiga menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI. Sosialisasi dilakukan salah satunya  dengan menggelar acara pentas seni budaya dengan tema “Penguatan Budaya Untuk Mewujudkan Bhinneka Tunggal Ika” melalui Lomba Lagu-Lagu Nasional. Kegiatan tersebut digelar di Aula SMA Negeri 3 Salatiga, Jalan Kartini No 34 Salatiga, Sidorejo, Jawa Tengah, Sabtu (6/5).

Acara Lomba Lagu-Lagu Nasionalis ini dihadiri oleh anggota MPR RI Fadholi (Fraksi Partai Nasdem), Wali Kota Salatiga Achmad Rofai, Kepala Biro Humas Setjen MPR RI Siti Fauziah, Kepala Sekolah SMAN 3 Salatiga Yuliati Eka Atmojo, Rektor Unika Satyawacana, Kajari, Kapolres, Dandim dan ratusan pelajar dan masyarakat dari Kota Salatiga dan sekitarnya. 

Mewakili Pimpinan MPR RI,  Fadholi mengatakan kegiatan Lomba Lagu-Lagu Nasional ini merupakan bagian dari Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yakni Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. "Sosialisasi yang dilakukan dengan berbagai metode. Sosialisasi melalui lagu di Kota Salatiga ini adalah yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia," ujarnya dalam siaran pers Ahad (7/5).

Fadholi menjelaskan, untuk membangkitkan rasa nasionalisme kepada para generasi muda salah satunya adalah melalui seni budaya Lomba Lagu-Lagu Nasional.  Kegiatan ini merupakan penjabaran dari nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila agar rasa nasionalisme generasi bangsa Indonesia akan lebih kuat tertanam dalam jiwanya.

Sementara itu Wali Kota Salatiga Achmad Rofai mengapresiasi serta mendukung MPR mengadakan sosialisasi Empat Pilar di kota Salatiga melalui Lomba Lagu-Lagu Nasional tersebut. Dengan cara mengajak masyarakat dan para generasi muda berpartisipasi melestarikan budaya sebagai jatidiri bangsa, diharapkan bisa membuat mereka lebih mencintai Tanah Air Indonesia dan menjaga persatuan NKRI, Dia juga berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan di kota yang dinobatkan sebagai salahsatu kota paling toleran di Indonesia. 

Kepala Biro Humas Setjen MPR RI Siti Fauziah mengatakan, pelaksanaan sosialisasi Empat Pilar MPR RI melalui lagu merupakan pertama kali dan dilaksanakan di Salatiga ini. Sosialisasi dengan metode seni budaya Lomba Lagu-Lagu Nasionalisme ini bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Salatiga. 

Pagelaran seni budaya ini untuk memahami dan reaktualisasi terhadap nilai-nilai Pancasila, dalam pemahaman terhadap Empat Pilar MPR RI kepada masyarakat. Siti Fauziah menambahkan pagelaran melalui seni budaya kegiatan Lomba Lagu-Lagu Nasionalisme adalah salah satu bentuk apresiasi dan langkah konkret MPR RI dalam melestarikan warisan budaya yang telah menjadi kekayaan intelektual bangsa Indonesia untuk membangkitkan rasa nasionalisme para generasi muda.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler