Tuesday, 14 Syawwal 1445 / 23 April 2024

Tuesday, 14 Syawwal 1445 / 23 April 2024

Ketua MPR: Jadikan Pancasila Landasan Etika Berbangsa dan Bernegara

Jumat 07 Apr 2017 18:13 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Karta Raharja Ucu

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

Foto: mpr

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan, etika kehidupan berbangsa adalah rumusan yang bersumber dari ajaran agama dan nilai nilai luhur budaya bangsa yang tercermin dalam Pancasila. Pernyataan itu disampaikan Zulkifli saat menghadiri Pra Konferensi I Azas Azas Etika Berbangsa dan Bernegara kerjasama MPR, Komisi Yudisial dan DKPP di Hotel Borobudur, Rabu (5/4).

"Saatnya kembali ke nilai nilai luhur ke Indonesiaan kita dan menjadikan Pancasila sebagai Landasan Etika Berbangsa dan Bernegara," kata Zulkifli.

Landasan Pancasila sebagai dasar Etika Berbangsa dan Bernegara, kata Zulkifli, tertuang dalam TAP MPR No VI Tahun 2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa."Etika Pemerintahan mengamanatkan penyelenggara negara memiliki kepedulian tinggi dalam melayani, sekaligus menegaskan keberpihakannya pada rakyat yang lemah dan tertindas," ucap dia.

Bersama KY dan DKPP, politikus PAN itu optimistis Konferensi Nasional akan menghasilkan rumusan terbaik yang menjadi panduan untuk penyelenggara negara. "Situasi hari hari ini mengingatkan kita untuk lebih serius membahas persoalan etika berbangsa dan bernegara baik di bidang politik, sosial, ekonomi sampai budaya," kata dia mengakhiri.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler