Saturday, 18 Syawwal 1445 / 27 April 2024

Saturday, 18 Syawwal 1445 / 27 April 2024

Kesenjangan Mengancam Keutuhan NKRI

Rabu 29 Mar 2017 19:10 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Wakil Ketua MPR RI Mahyudin.

Wakil Ketua MPR RI Mahyudin.

Foto: mpr

REPUBLIKA.CO.ID, PACITAN -- Wakil Ketua MPR RI Mahyudin mengingatkan bahayanya kesenjangan yang terjadi di Indonesia. Bila tidak segera diatasi, bukan tidak mungkin keutuhan NKRI akan tercabik.

Ancaman terhadap keutuhan NKRI yang diakibatkan disparitas kesejahteraan, kata Mahyudin sudah terlihat sejak lama. Menurut dia, munculnya Gerakan Aceh merdeka (GAM) di Provinsi Aceh, dan Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Papua menjadi bukti munculnya kekecewaan akibat kesenjangan diantara jawa dan luar jawa.

Karena itu, Mahyudin mengapresiasi kinerja Presiden Joko Widodo yang melakukan percepatan pembangunan infrastruktur di luar jawa, dan membangun Indonesia dimulai dari luar jawa.

"Saya sering melakukan sosialisasi di luar jawa. Sebagaian masyarakat di sana bilang mereka tidak butuh sosialisasi, yang mereka butuhkan adalah pembangunan agar bisa menyusul ketertinggalannya dari pulau Jawa," kata Mahyudin di hadapan peserta sosialisasi Empat pilar MPR RI yang berlangsung di gedung pendopo Kabuparen Pacitan Jawa rimur, Rabu (29/3).

Untuk mengurangi kesenjangan, Mahyudin mendukung upaya pemerintah melakukan penyamaan harga kebutuhan di Papua dengan daerah lain.

"Saat ini harga BBM di Papua sudah sama dengan jawa, mudah-mudahan, harga semen di Papua juga bisa segera disamakan dengan daerah lain," kata Mahyudin.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler