Saturday, 25 Syawwal 1445 / 04 May 2024

Saturday, 25 Syawwal 1445 / 04 May 2024

Zulkifli Ajak Mahasiswa Ingatkan Pemimpin Utamakan Rakyat

Ahad 19 Feb 2017 22:06 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Citra Listya Rini

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Foto: Antara/Wahyu Putro A

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG  --  Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyatakan, selama 19 tahun reformasi sudah banyak hasil yang dicapai seperti kebebasan berpendapat sampai pilkada langsung. Namun, praktiknya banyak yang harus diperbaiki dalam demokrasi Indonesia.

''Salah satunya adalah pendidikan politik untuk menghapus money politics,'' kata Zulkifli saat menyampaikan sosialisasi Empat Pilar MPR kepada civitas akademika dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang, Ahad (19/2).

Zulkifli mengajak mahasiswa terlibat aktif dalam mengingatkan pemimpin berpihak sepenuhnya kepada rakyat, bukan pemilik modal. Menurut dia, mahasiswa harus menjaga kedaulatan rakyat dengan terus mengingatkan pemimpin terhadap sumpahnya untuk melayani masyarakat luas.

''Jangan malah mengabdi kepada pemilik modal. Mahasiswa harus terus ingatkan,'' kata Zulkifli.

Demokrasi Pancasila, kata Zulkifli, sudah menegaskan kedaulatan tertinggi ada di tangan rakyat. Sehingga yang memilih presiden, gubernur sampai bupati adalah rakyat. Jadi, Zulkifli menegaskan, jangan sampai kedaulatan ditukar dengan sembako, sarung atau uang.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler