Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Zulkifli Hasan: Pemimpin Harus Melayani dan Mengabdi untuk Rakyat

Jumat 28 Oct 2016 14:29 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengungkapkan seorang pemimpin harus memegang amanat dan patuh terhadap konstitusi. Artinya, pemimpin harus mengabdi kepada masyarakat dengan tulus sesuai nilai-nilai Pancasila, erutama dalam mewujudkan kesejahteraan dan keadilan bagi semuanya.

"Tujuan Indonesia merdeka untuk mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pengabdian bukan soal untung atau rugi. Tidak ada pengabdian terhadap bangsa dan negara seperti orang berdagang," ujar Zulkifli, saat sosialisasi Empat Pilar di RPTRA Taman Sawo, Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (27/10) malam.

Menurutnya, pejabat mulai dari lurah, camat, walikota, bupati, gubernur, bahkan Ketua MPR sekalipun tidak bisa otoriter. Pemimpin harus melayani rakyat agar warganya lebih baik, sekolah anak -anak mereka lebih bagus, dan lebih sejahtera.

Zulkifli mengatakan, pentingnya seorang pemimpin mengedepankan musyawarah mufakat sebelum mengambil keputusan. Pemimpin yang baik, lanjutnya, harus mendengarkan masukan rakyat dan memberikan contoh yang baik.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler