Thursday, 9 Syawwal 1445 / 18 April 2024

Thursday, 9 Syawwal 1445 / 18 April 2024

Ketua MPR : Ilmu dan Teknologi Jadi Penentu Kemajuan Bangsa

Kamis 06 Oct 2016 14:13 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Angga Indrawan

Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan

Foto: MGROL75

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk menimba ilmu dengan sungguh-sungguh di kampus, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Sebab, Iptek memiliki peranan besar untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa.

"Bangsa itu disebut maju dan besar apabila menguasai ilmu dan teknologi, sehingga bisa menghasilkan inovasi," ujar Zulkifli, saat memberikan pidato ilmiah dengan tema 'Teknologi untuk Negeri' di Kampus ITERA, Lampung Selatan, Kamis (6/10).

Zulkifli mencontohkan, salah satu negara yang telah menerapkan Iptek dalam kehidupan sehari-harinya dengan baik adalah Jepang. Hal ini terlihat dari ketersediaan pangan yang cukup untuk masyarakatnya. Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan Indonesia, yang terkenal akan agrarianya. Alhasil, sampai dengan saat ini bangsa Indonesia masih sering mengimpor bahan pangan.

"Kita harus mengembangkan ekonomi kerakyatan yang berbasis teknologi supaya produksi pangan semakin meningkat," sambungnya.

Ia berharap, ITERA dapat berperan aktif melakukan riset iptek dan memberikan pemikiran serta solusi atas permasalahan bangsa. "Semoga ITERA bisa menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul," tutup Zulkifli.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler