Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Mahyudin: Jangkauan Sosialisasi Empat Pilar Masih Kecil

Jumat 30 Sep 2016 14:43 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri

Wakil Ketua MPR Mahyudin.

Wakil Ketua MPR Mahyudin.

Foto: mpr

REPUBLIKA.CO.ID, PASER -- Wakil Ketua MPR RI Mahyudin, menilai jangkauan sosialisasi Empat Pilar MPR (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) yang dilakukan MPR masih belum massif, dibandingkan dengan penataran P4 pada masa Orde Baru.

''MPR berusaha memperluas jangkauan sosialisasi Empat Pilar MPR,'' kata Mahyudin, memberikan sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada anggota pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Paser, di Tanah Grogot, Paser, Kalimantan Timur, Jumat (30/9).

Narasumber sosialisasi ini adalah Hetifah (Fraksi Partai Golkar) dan Aji Muhammad Mirza (Kelompok DPD), serta wakil bupati Paser H.M. Mardikansyah. Dalam pengantarnya, Mahyudin menyatakan, jika dihitung, setiap anggota MPR (DPR dan DPD) wajib melakukan sosialisasi sebanyak 5 kali dalam setahun dengan peserta sekitar 100 orang. Dengan jumlah anggota MPR sebanyak 692 orang, maka hanya bisa menjangkau sekitar 5 juta orang dalam lima tahun.

"Ini masih kalah dibandingkan penataran P4 yang masif pada masa Orde Baru," ucapnya.

Karena itu, MPR melakukan perluasan jangkauan sosialisasi Empat Pilar, dengan melakukan sosialisasi secara terbuka yang dihadiri ratusan peserta, kemudian bekerja sama dengan Panglima TNI, gubernur dan bupati. MPR juga melakukan berbagai metode lain seperti lomba cerdas cermat Empat Pilar tingkat SLTA.

"MPR hanya melakukan pemantapan pemahaman terhadap Empat Pilar. Sosialisasi kepada anggota pramuka ini untuk memantapkan dan memperdalam Empat Pilar. Sebab anggota pramuka sesungguhnya sudah memahami Empat Pilar," jelas dia.

Selain mengingatkan nilai-nilai Pancasila kepada peserta sosialisasi, Mahyudin juga memotivasi anggota pramuka kabupaten Paser untuk bekerja keras agar bisa berhasil. Dia memberi contoh siswa SMAN 1 Longkali dari Paser yang berhasil meraih juara II LCC Empat Pilar tingkat nasional.

"Kalau kita mau kerja keras kita pasti bisa berhasil. Ini sudah dibuktikan SMAN 1 Longkali. Sekolah kita bisa unggul dari sekolah di pulau Jawa," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler