Monday, 20 Syawwal 1445 / 29 April 2024

Monday, 20 Syawwal 1445 / 29 April 2024

Ketua MPR Minta Mahasiswa Cerminkan Perilaku Empat Pilar

Rabu 21 Sep 2016 13:25 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR Zulkifli Hasan  dalam kuliah umum di depan ratusan mahasiswa Universitas Bandar Lampung, Rabu (21/9).

Ketua MPR Zulkifli Hasan dalam kuliah umum di depan ratusan mahasiswa Universitas Bandar Lampung, Rabu (21/9).

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR Zulkifli Hasan, meminta kepada mahasiswa untuk berperilaku mencerminkan Empat Pilar. Ia mengutip ucapan Bung Karno yang mengatakan, 'berikan aku sepuluh pemuda maka akan aku guncang dunia'.

Zulkifli menyebut, mahasiswa dan pemuda akan menentukan masa depan bangsa. Untuk membuat bangsa ini maju, Indonesia sudah punya nilai-nilai yaitu empat konsensus berbangsa dan bernegara.

"Tinggal mengamalkan konsensus itu saja bangsa kita akan sejahtera," kata Zulkifli, dalam kuliah umum di depan ratusan mahasiswa Universitas Bandar Lampung, Rabu (21/9).

Bila perilaku pemuda dan mahasiswa tidak mencerminkan empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara, Zulkifli khawatir kelak NKRI bisa bubar. Bahkan bisa jadi tidak ada lagi Nusantara dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Setiap orang mementingkan diri sendiri. Indonesia mau pecah tidak penting. Lalu dimana Pancasila? Pancasila hanya di luar kepala. Pancasila hanya dihafal, nilai Pancasila tidak penting," ucapnya.

Kalau institusi-institusi tidak lagi mengutamakan nilai-nilai, lanjut dia, maka tidak bisa melahirkan generasi muda yang kreatif dan inovatif. Menurut Zulkifli, Empat Pilar itu sakti. Empat konsensus daaar bernegara itu adalah Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Pancasila yang sudah kita hafal tapi tidak dicerminkan dalam perilaku. Nilai empat konsensus dasar itu harus menjadi perilaku kita. Kalau sudah menjadi perilaku, bangsa Indonesia pasti maju," kata dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler