Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Zulkifli Hasan Minta Sektor Pertanian Akrab dengan Teknologi

Ahad 18 Sep 2016 16:36 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR Zulkifli Hasan mengunjungi sentra pertanian dan peternakan di Padang Pariaman.

Ketua MPR Zulkifli Hasan mengunjungi sentra pertanian dan peternakan di Padang Pariaman.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG PARIAMAN -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, meninjau sawah di Kampung Rimbo, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Zulkifli yang didampingi Ketua Fraksi PAN DPR RI Mulfachri Harahap menilai Kabupaten Padang Pariaman memiliki potensi besar untuk menjadi swasembada pangan dengan pemanfaatan teknologi yang tepat.

"Penting sekali pertanian memakai teknologi," ujar Zulkifli, saat memberi sambutan dalam pencanangan Gerakan Tanam Penerapan Teknologi Jajar Legowo, di Kampung Rimbo, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Ahad (18/9).

Zulkifli membandingan kondisi pertanian di Jepang, Taiwan dan Korea Selatan yang luas kepulauannya tidak sebesar Indonesia. Tetapi, hasil pangannya melimpah. Setelah ditelusuri, rupanya di negara-negara tersebut pertaniannya memanfaatkan teknologi termutakhir, sehingga hasilnya bisa optimal.

"Memang penting sekali pertanian memakai teknologi. Kerja sedikit tapi produksinya tinggi. Oleh karena itu kita apresiasi bupati kita penuh inovasi dan visioner," ucapnya.

Karena itu, Zulkifli meminta pemerintah setempat untuk senantiasa mendukung para petani baik melalui penyuluhan maupun memberikan bantuan sarana prasarana. Apabila itu dilakukan, maka kesejahteraan para petani di Kabupaten Padang Pariaman bisa meningkat.

"Menggandeng Universitas Andalas langkah yang tepat. Mudah-mudahan yang dilakukan ini bisa mempercepat agar rakyat sejahtera," harapnya.

Hadir dalam acara ini Bupati Kabupaten Padang Pariaman Ali Mukni, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat, perwakilan akademisi Universitas Andalas dan tokoh-tokoh masyarakat setempat. Sebelum mengakhiri kunjungannya, Zulkifli memberi sumbangan 3 unit traktir roda empat, 3 unit transplanter, 5 unit pompa air, 5 unit traktor roda dua.

Bantuan diberikan kepada sejumlah kelompok tani, yaitu Kelompok Tani Harapan Baru, Oriza Sativa, Rimbo Jawi-jawi dan Serba Karya. Selain itu, Zulkifli juga sempat ikut menanam bibit padi di salah satu ladang sawah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler