Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

HNW: Pola Didik Ponpes Gontor Bisa Cegah Darurat Moral di Indonesia

Sabtu 28 May 2016 16:35 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menghadii temu almumni Ponpes Gontor.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menghadii temu almumni Ponpes Gontor.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid menghadiri acara Sujud Syukur, Tabligh Akbar dan Syukuran Menyambut 90 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor Bersama Wakil Presiden Ri Jusuf Kalla, di Mesjid Istiqlal Jakarta, Sabtu (28/5). Acara ini dihadiri juga sekitar 300 lebih alimni Gontor.

Dalam kesempatan tersebut, Hidayat mengatakan, alumni Gontor harus banyak bersyukur akan karunia Allah, betapa banyak alumni Gontor yang berkiprah dalam kehidupan berbangsa. Menurut dia, alumni Gontor banyak berperan dalam bernegara dan berkeumatan serta menghadirkan Islam yang maju, santun, berimu dan diakui dunia. Hal itu, kata dia, adalah karunia Allah yang dirasakan semua tidak hanya oleh alumni Gontor tapi semua rakyat.

Kiprah tersebut akan makin dibutuhkan begitu melihat kondisi kemasyarakatan, banyak yang sering terlihat negatif seperti kejahatan-kejahatan membuat Indonesia masuk darurat moral. Inilah perlu ditingkatkan peran dan kiprah elemen masyarakat ditingkatkan seperti alumni Gontor.

"Pola pendidikan di Gontor jika ditetapkan di bangsa ini, maka kedaruratan akan cepat diselesaikan. Di Gontor diajarkan berbagai dislipin ketat yang ditetapkan dan taati anak didik Gontor. Sehingga di Gontor terwujud pola, pendidikan dan pola pikir serta pola laju yang menjadi karakter selamanya. Tentang tata nilai dan tentang kedisiplinan Gontor adalah salah satu yang bisa diterapkan tidak kalah dengan militer sekalipun," ujar alumni Gontor tahun 1978 ini.

Usai memberikan sambutan, Hidayat Nur Wahid memberikan usulan dan disambut baik seluruh alumni bahwa akan diselenggarakan secara rutin 1 bulan sekali diselenggarakan pengajian seluruh alumni Pondok Modern Gontor di hari Sabtu di Mesjid Istiqlal Jakarta.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler