Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Oso Tabur Bunga di Makam Pahlawan Raja Sisingamangaraja XII

Sabtu 28 May 2016 16:20 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta melakukan tabur bunga.

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta melakukan tabur bunga.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, BALIGE -- Wakil Ketua MPR Oesman Sapta melakukan tabur bunga dan mengunjungi TB Silalahi Center sebelum membuka sosialisasi Empat Pilar MPR di Parapat, Balige, Sumatera Utara, Sabtu (28/5). Sekitar pukul 9 pagi, helikopter yang membawa Oesman Sapta dari Medan tiba di lapangan Mini Soposurung Balige. Disambut Bupati Toba Samosir Darwin Siagian dan Danrem Kol Fachry, Oesman Sapta langsung bergerak ke Makam Pahlawan  Sisingamangaraja XII.

Di Makam Pahlawan Sisingamangaraja XII, Oesman  Sapta mendapat pengalungan kain Ulos. Kemudian menuju makam Sisingamangaraja. Raja Sisingamangaraja XII adalah pahlawan dalam melawan penjajah kolonialisme Belanda di tanah Batak. Raja Sisingamangaraja XII gugur pada 17 Juni 1907. Makam Pahlawan ini dibangun pada 17 Juni 1953.

Dalam komplek makam Raja Sisingamangaraja XII terdapat juga makam keluarga Raja Sisingamangaraja XII. Makam Sisingamangaraja XII diapit dua anaknya, yaitu R Patuan Nagari dan R Patuan Anggi. Oesman Sapta menabur bunga dan meletakkan karangan bunga di Makam Pahlawan Sisingamangaraja XII.

Selanjutnya Oesman Sapta menuju TB Silalahi Center yang letaknya tidak jauh dari Makam Pahlawan Sisingamangaraja XII. Dengan berjalan kaki, Oesman Sapta menuju komplek TB Silalahi Center. Di kompleks ini terdapat museum TB Silalahi dan museum Batak.

Direktur TB Silalahi Center Mayanti Silalahi menjelaskan TB Sialahi Center ini berdiri pada tahun 2008 dan diresmikan 2011. "Ini dimaksudkan untuk memberi motivasi dan inspirasi masyarakat Batak," katanya.

Di komplek ini ada museum indoor (koleksi berukuran kecil di etalase) dan museum outdoor (koleksi berukuran besar) seperti rumah adat Batak. Didampingi Bupati Toba Samosir Darwin Siagian dan Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Lodewyk Pusung, Oesman Sapta melihat dari dekat koleksi di Museum TB Silalahi.

Dalam museum ini, Oesman Sapta menyaksikan koleksi pribadi TB Silalahi antara lain bangku sekolah ketika TB Silalahi bersekolah di SR, koleksi senjata, mobil jeep ketika bertugas dalam pasukan perdamaian, mobil menteri sebagai Menteri PAN era Presiden Soeharto, foto-foto pribadi, penghargaan, dan sebagainya.

"Museum ini menjadi museum wisata terbaik dari Kementerian Pariwisata. Lokasi TB Silalahi Center merupakan tanah nenek moyang TB Silalahi karena di tempat inilah keturunan TB Silalahi," kata Mayanti Silalahi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler