Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Zulkifli Hasan: Demokrasi Butuh Norma

Ahad 10 Apr 2016 20:30 WIB

Red: Didi Purwadi

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Ketua MPR, Zulkifli Hasan, memberikan Sosialisasi 4 Pilar MPR di hadapan ratusan masyarakat Cilacap, di Pendopo Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Ahad (10/4). Zulkifli mengatakan bahwa konstitusi kita telah memilih demokrasi.

Dirinya selanjutnya mengutip pendapat salah satu pakar hukum di Indonesia bahwa demokrasi yang berkembang di Indonesia ternyata demokrasi tarung bebas di mana demokrasi ini menguntungkan kaum elite.

Dalam kondisi yang demikian, rakyat akan banyak dikalahkan. Untuk itu, Zulkifli dengan tegas bahwa demokrasi perlu norma. Sebagai Ketua MPR, dirinya sering mendapat masukan agar kita mempunyai Haluan Negara. Dengan Haluan Negara itu, maka para elite harus mengikuti Haluan Negara itu sebagai norma sehingga bisa tercapai keadilan sosial bagi semua.

Dalam demokrasi dengan persaingan bebas, maka siapapun bisa menjadi apapun. Siapa pun berhak menjadi apapun. Untuk itu, dirinya mengingatkan agar kita tak boleh menyalahkan orang lain, mengeluh, dan protes. Paling penting, menurut Zulkifli Hasan, adalah kita mengubah diri sendiri dengan cara kerja keras.

''Diharapkan semua bersatu, cari persamaan, jangan cari perbedaan,'' katanya dalam rilis yang diterima Republika.co.id. ''Tantangan bangsa ini adalah soal sumber daya manusia dan penguasaan ekonomi. Kedua hal itu lebih penting diprioritaskan daripada mengurusi masalah perbedaan.''

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler