Monday, 20 Syawwal 1445 / 29 April 2024

Monday, 20 Syawwal 1445 / 29 April 2024

Zaskia Gotik Ditunjuk Jadi Duta Pancasila

Kamis 07 Apr 2016 14:15 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

Sosialisasi empat polar di kalangan pekerja seni.

Sosialisasi empat polar di kalangan pekerja seni.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 62 pekerja seni yang terdiri dari kalangan artis, musisi, pemain sinetron, dan bintang film, mengikuti sosialisasi Empat Pilar MPR RI. Ketua Fraksi PKB di MPR Abdul Kadir Karding mengatakan, pihaknya berpikir cukup keras dan panjang untuk menyelenggarakan kegiatan itu karena khawatir dianggap cari panggung.

Karena, kata dia, tuduhan miring di panggung politik luar biasa besar saat menjalani tugas, bahkan sering dianggap berpanggung ria demi kepentingan partai. Sosialisasi terhadap puluhan artis ini berfokus kepada pembahasan dan penanaman nilai-nilai Pancasila. Sebab, mempertahankan Pancasila sangat membutuhkan komitmen bersama untuk menjaga ideologi.

"Mengapa lewat artis, karena akses ke media mudah, karena itu sangat strategis menjadi pionir untuk menyebarkan virus positif Pancasila," kata Karding, Kamis (7/4).

Karding tidak menyangkal bahwa acara ini, ada hubungannya dengan kasus Zaskia Gotik. Kasus tersebut, lanjut dia, justru menyadarkan MPR bahwa ternyata pekerja seni juga membutuhkan sosialisasi Empat Pilar. Bahkan, pada 2008, survei menunjukkan dari seluruh wakil bupati di Jawa Timur, enam di antara mereka tidak hafal Pancasila.

Forum itu juga menunjuk Zaskia Gotik sebagai duta Pancasila. Meski Zaskia sempat dinilai melakukan penghinaan terhadap lembaga negara, penunjukan itu dianggap sebagai penebusan dosa Zaskia atas tindakannya.

"Sikap PKB dalam contoh kasus Zaskia, cara menyelesaikan secara hukum apalagi pidana itu sangat tidak tepat karena memiliki ruang dialog dan persuasif," ujarnya.

Sebab, kata dia, negara bertanggung jawab untuk menjamin agar warga negara mendapat pendidikan. Jadi, kalau ada yang tidak baik, itu juga menjadi tanggung jawab negara.

Forum tersebut juga diharapkan menjadi inisiasi pembentukan komunitas pekerja seni pecinta Pancasila. Paling tidak ada, lanjut dia, instrumen atau alat untuk mengaktualisasikan Pancasila.

Sementara, Zaskia Gotik yang hadir dalam acara tersebut, diwakili kuasa hukumnya mengatakan, proses hukum yang berlangsung ada pro dan kontra. Namun, ia berharap ada kerendahan hati, setelah dihukum secara sosial oleh masyarakat. Beberapa artis hadir dalam acara tersebut, di antaranya Zaskia Gotik, Indah Sari, Edis Adelia, Kiki Amalia, Eli Sugigi, Reza Aditya, dan Bedu.

"Neng siap jadi duta Pancasila, supaya bisa mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila. Ini tantangan buat neng," katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler