Thursday, 1 Zulqaidah 1445 / 09 May 2024

Thursday, 1 Zulqaidah 1445 / 09 May 2024

HNW: Terorisme Jangan Selalu Dikaitkan dengan Islam

Ahad 10 Jan 2016 13:07 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri

Terorisme

Terorisme

Foto: Republika/ Tahta Aidilla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid meminta, Islam jangan selalu dikaitkan dengan terorisme. Sebab, terorisme itu memiliki artian yang sangat luas, bukan hanya soal meledakan bom.

Hidayat melihat kasus terorisme selalu yang mendapat sorotan paling besar dan selalu cepat dalam penanganannya. ''Dan yang paling membuat miris adalah image terorisme selalu diarahkan kepada salah satu agama,'' kata dia, saat berdiskui dengan forum alumni Gontor Seluruh Indonesia, di Kompleks Parlemen Senayan belum lama ini.

Menurutnya, pengertian mengenai terorisme sepertinya dipersempit. Padahal, kata dia, pemaknaan terorisme sangat luas sekali.

''Seperti aksi separatis oleh pasukan separatis Papua yang menyerang serta membunuh aparat keamanan RI, itu adalah aksi terorisme," ujarnya.

Hidayat menjelaskan, organisasi separatis Papua sering melakukan demo-demo di Jakarta menyuarakan pemisahan dengan NKRI. Hal tersebut adalah masalah bangsa yang mengancam kesatuan bangsa.

Selain itu, lanjut dia, komunisme juga adalah masalah bangsa yang harus juga diperhatikan dan dicari upaya penyelesaiannya.

"Saya ingin agar masalah-masalah ini dibahas dan didiskusikan dalam berbagai forum oleh berbagai elemen masyarakat termasuk dalam acara yang akan di laksanakan para alumni Gontor yakni Forum Persatuan Alumni Gontor yang akan dilaksanakan 22-24 Januari 2016 nanti," ucapnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler