Friday, 24 Syawwal 1445 / 03 May 2024

Friday, 24 Syawwal 1445 / 03 May 2024

MPR Minta Rakyat Optimistis dalam Membangun Bangsa

Jumat 25 Sep 2015 15:50 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Bayu Hermawan

EE. Mangidaan (kanan)

EE. Mangidaan (kanan)

Foto: Antara/Dhoni Setiawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR EE Mangindaan mengungkapkan, berbagai tantangan yang dihadapi bangsa ini berasal baik dari dalam maupun luar.

Tantangan dari luar itu seperti perbedaan politik yang dibesar-besarkan, bidang hukum yang tak berkeadilan, anjloknya nilai rupiah, dan masih seringnya bentrok antarmasyarakat juga antara TNI dan polisi.

Ia melanjutkan, sedangkan faktor dari luar tantangan yang dihadapi adalah globalisasi. Di dunia global ini pertambahan penduduk demikian melimpah.

Jumlah penduduk mencapai miliaran jiwa. Tumbuhnya penduduk tersebut membuat dunia akan menghadapi tantangan berupa masalah pangan, energi, dan air bersih.

"Ketiga masalah tersebut menimbulkan intervensi antar negara. Intervensi semakin cepat ketika ditunjang teknologi informasi yang semakin canggih," katanya di hadapan ratusan taruna Akademi Maritim Indonesia, di Kampus Ungu, Pulogadung, Jakarta, (25/9).

Meski menghadapi tantangan yang demikian berat, Mangindaan mengatakan bahwa Indonesia masih memiliki hal-hal yang positif dan potensial. Hal yang potensial itu seperti memiliki sumber daya alam yang melimpah. Menghadapi tantangan di atas, Mangindaan dengan tegas jangan sampai kita melepaskan nasionalisme.

"Kalau bahasa MPR adalah 4 Pilar. Kita harus tetap optimistis dalam membangun bangsa," ujarnya

Ia menegaskan, Indonesia harus tetap melihat dan mendudukan Pancasila sebagai dasar negara, filosofi, pandangan hidup, dan pemersatu.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler