Monday, 20 Syawwal 1445 / 29 April 2024

Monday, 20 Syawwal 1445 / 29 April 2024

100 Dosen di Yogyakarta Ikuti Training of Trainer Empat Pilar Pancasila

Jumat 18 Sep 2015 16:55 WIB

Rep: eko supriyadi/ Red: Taufik Rachman

MPR RI

MPR RI

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Sebanyak 100 dosen dari 14 perguruan tinggi di lingkungan kopertis III Yogyakarta mengikuti acara training of trainer ( ToT ) Empat Pilar MPR RI.

Pelatihan yang berlangsung di Yogyakarta 17-21 September itu, dibuka Kepala Biro Persidangan MPR RI Muhammad Rizal, Kamis Malam (17/9).

Turut hadir pada acara pembukaan Tot, tersebut  antara lain, Asisten bidang pemerintahan dan kesejahteraan Pemrov DIY Sulistio, Sekretaris Kopertais III DIY Alwan  Khoiri, serta wakil rektor UIN Sunan Kali Jaga Yogyakarta Waryono.

Mewakili Pimpinan MPR, Rizal dalam sambutannya mengatakan, Indonesia berdiri dengan tujuan yang jelas, yaitu kesejahteraan, kecerdasan dan ikut terlibat dalam perdamaian dunia.

Keterlibatan para dosen dalam kegiatan ToT menurut Rizal, sangat penting. Karena di kecerdasan  mahasiswa bergantung pada dosen. Dengan kata lain, cerdas tidaknya mahasisnya ditentukan oleh dosen.  Padahal, hanya dengan kecerdasan itulah, kesejahteraan bangsa ini dapat diperjuangkan.

"Dan dengan kecerdasan, Indonesia akan membuat dirinya  duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi, dengan negara lain,'' kata Rizal dalam sambutannya, Jumat (18/9).  

Pada kesempatan tersebut, Rizal juga menyatakan ToT merupakan salah satu bentuk sosialisasi. Selain ToT, masih banyak bentuk-bentuk sosialisasi yang dilaksanakan MPR. Tugas melaksanakan sosialisasi, lanjut dia, tidaklah mudah.

Tugas tersebut tidak seharusnya hanya  dilakukan pemerintah, tapi juga seluruh masyarakat termasuk dosen. Bahkan keterlibatan dosen dalam ToT bisa memiliki makna yang strategis, karena dapat langsung disampaikan kepada mahasiswa.

"Cita-cita bangsa akan terwujud kalau semua kita bisa melaksakan empat pilar dengan baik dan penuh tanggungjawab,'' ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler