Monday, 20 Syawwal 1445 / 29 April 2024

Monday, 20 Syawwal 1445 / 29 April 2024

Dosen Antusias Ikuti Pelatihan Empat Pilar

Jumat 11 Sep 2015 14:01 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

TOT Empat Pilar MPR RI di Makassar.

TOT Empat Pilar MPR RI di Makassar.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR --MPR RI semakin gencar melakukan sosialisasi Empat Pilar MPR RI ke seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai metode penyampaian. Salah satunya adalah Gelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ( Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara dan Ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara ) yang dilakukan di Makassar.

Metode yang diterapkan kota tersebut adalah sosialisasi dengan bentuk Training Of Trainers/ pelatihan untuk pelatih, kali ini diselenggarakan MPR di Makassar, Sulawesi Selatan, sejak tanggal 10 -14 September. ToT itu diikuti oleh sekitar 100 peserta dari kalangan dosen perguruan tinggi swasta, yang tergabung dalam Kopertis wilayah IX Sulawesi Selatan dan menampilkan sekitar 15 pemateri dari anggota MPR RI.

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid yang dalam kesempatan itu  membuka secara resmi penyelenggaraan TOT, mengatakan target sosialisasi kepada para dosen sangat tepat dan strategis. Sebab, para pendidik inilah yang nantinya akan menularkan hasil dari TOT ini kepada mahasiswanya di kampus masing-masing.

"Saya mendengar respon para dosen untuk mengikuti TOT sangat besar sampai melebihi kuota. Ini saya sangat apresiasi sekali, di tengah kesibukan dan banyaknya aktivitas para dosen ini bersedia meluangkan waktu untuk memahami nilai-nilai luhur bangsanya," kata Hidayat, Kamis (10/9).

Semangat dalam mengikuti sosialisasi empat pilar MPR, lanjut Hidayat, adalah salah satu bentuk komitmen cinta kepada tanah air dan bentuk komitmen para dosen untuk menghadirkan memahamai keunggulan-keunggulan nilai-nulai luhur bangsa kepada generasi muda.

"Saya berharap komitmen-komitmen tersebut bisa terwujud pasca mengikuti TOT ini," ujarnya.

Rangkaian kegiatan TOT Empat Pilar MPR RI diawali tanggal 10 September dengan pengenalan dan pembagian kelompok, dilanjutkan dengan seremoni pembukaan resmi oleh Pimpinan MPR RI. Esokan hari dan seterusnya sampai tanggal 14 September dilanjutkan dengan sesi materi, dialog, tanya jawab dan simulasi dan diakhiri dengan kesimpulan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler