Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Globalisasi Menggerus Rasa Nasionalisme

Sabtu 05 Sep 2015 09:45 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

Sosialisasi empat pilar MPR dengan metode outbond di kampus Universitas Khairun.

Sosialisasi empat pilar MPR dengan metode outbond di kampus Universitas Khairun.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Globalisasi telah menggerus rasa nasionalisme. Rektor Universitas Khairun, Husin Alting mengingatkan agar semua elemen sadar dan segera menemukan kembali semangat kebangsaan.

Khairun menyebutkan, kondisi terakhir bangsa ini sangat memilukan, di mana sering terjadi kerusuhan dan bentrok antar masyarakat. Tak hanya itu, saat ini muncul gerakan demokrasi yang hanya menonjolkan kepentingan golongan. "Itu semua karena tak dilandasi konsep 4 Pilar," kata Husein, di hadapan seratus mahasiswa se-Maluku Utara yang mengikuti Outbond 4 Pilar MPR, yang diselenggarakan di Ternate, Maluku Utara, 4 -7 September.

Menurutnya, apa yang terjadi tadi disebutnya fenomena negatif. Untuk itu dirinya menegaskan rakyat harus membangkitkan Empat Pilar. Sehingga apa yang dilakukan MPR yakni mensosialisasikan 4 Pilar merupakan langkah yang sangat tepat.

Melalui metode outbond, diharapkan mampu membangkitkan kembali semangat Empat Pilar. Dengan mengajak mahasiswa sebagai ujung tombak maka kegiatan ini patut diberi apresiasi.

Acara tersebut merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Maluku Utara. Kegiatan ini disebut sangat penting sebab di provinsi ini terdapat beragam etnis di mana salah satunya mahasiswa yang terkadang masih membawa nilai-nilai kedaerahan. "Untuk itu kami mengucapkan terima kasih pada Tim MPR," kata dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler