Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Ketua MPR: Pencurian SDA Indonesia Mengkhawatirkan

Kamis 03 Sep 2015 15:17 WIB

Rep: eko supriyadi/ Red: Taufik Rachman

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

Foto: dok. MPR RI

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan, Indonesia adalah negara yang kaya raya, yang bahkan hampir tidak ada negara yang sekaya indonesia.  

Dengan Jumlah pulau lebih dari 17 ribu, Kekayaan alam yang ada di bumi Indonesia sangat melimpah. Salah satunya ditandai dengan kekayaan ekosistem, yang sangat beragam.

Sayangnya, lanjut Zulkifli, kekayaan itu tidak diikuti rasa sukur yang memadai. Karena kurang pandai dalam bersyukur itulah, maka kekayaan Indonesia yang bayak itu diambil alih oleh orang lain tanpa diketahui bangsa Indonesia sendiri.  

''Kondisi ini sangat mengkhawatirkan dan karena itu harus dijaga agar pencurian seperti itu tidak berlanjut,'' kata Zulkifli, saat menyampaikan dialog Kebangsaan dengan tema Menatap Indonesia Masa Depan di Gedung Roediro Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Kamis (3/9).

 

Zulkifli meminta, ke depan Indonesia harus lebih bijaksana dalam memanfaatkan dan menjaga kekayaan alamnya. Salah satunya adalah kekayaan alam laut. Apalagi selain potensi ikan, kata dia, keindahan alam laut Indonesia juga memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Antara lain Raja Ampat, Wakatobi, serta Nusa Peninda di Bali.  

 

"Untuk mengatasinya dibutuhkan anak-anak muda yang berpendidikan tinggi sehingga memiliki kemampuan untuk berkontribusi pada pembangunan,'' kata Zulkifli.

Dalam acara tersebut, juga hadir sejumlah anggota DPR RI F PAN. Yaitu,  Ammy Amelia Fatma Surya, Lucky Hakim, Laila Istiana, serta Yayuk Basuki. Juga  Bupati banyumas Achmad Husein dan Wakapolres Banyumas Kompol Rio Tangkari.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler