Saturday, 18 Syawwal 1445 / 27 April 2024

Saturday, 18 Syawwal 1445 / 27 April 2024

MPR Minta Guru Ajarkan Empat Pilar kepada Anak Didik

Senin 31 Aug 2015 17:43 WIB

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Karta Raharja Ucu

Ahmad Zainuddin.

Ahmad Zainuddin.

Foto: dokpri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) MPR RI, Ahmad Zainuddin mengatakan, kehadiran guru sangat penting untuk menguatkan semangat nasionalisme di lingkungan sekolah. Guru harus mengajarkan nilai-nilai dasar tentang konstitusi, ideologi, dan falsafah bangsa.

"Empat pilar dasar yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika harus diajarkan secara komprehensif kepada setiap warga negara sejak dini. Di sinilah pentingnya peran guru sebagai pengajar sekaligus teladan bagi siswa," katanya, Senin, (31/8).

Menguatkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air kepada anak didik, ujar Zainuddin, harus dilakukan sejak mereka kecil. NKRI perlu dijaga bersama oleh setiap komponen anak bangsa.

Bangsa yang besar ini, terang dia, tidak pernah sepi dari ancaman yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa. "Kita harus mencurahkan tenaga untuk mencegah setiap upaya munculnya separatisme, guru harus menjadi perekat," ucap dia.

Dalam UUD 1945 pasal 30 ayat 1 dan 2 menyebutkan setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh TNI dan Polri sebagai kekuatan utama, dan rakyat sebagai kekuatan pendukung.

Pada pasal 31 ayat 2, lanjut Zainuddin, pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional yang diatur dengan undang-undang. "Pertahanan semesta dimaksud di sini, sesuai profesi dan peran masing-masing."

Pertahanan yang dilakukan guru, terang dia, dengan mengajarkan empat pilar bangsa. Ini penting dilakukan.

Sosialisasi empat pilar ini diselenggarakan MPR RI bekerjasama dengan PGRI Kabupaten Cirebon.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler