Sunday, 19 Syawwal 1445 / 28 April 2024

Sunday, 19 Syawwal 1445 / 28 April 2024

MPR Serukan Seluruh Elemen Bangsa Bersatu

Kamis 27 Aug 2015 22:40 WIB

Rep: Muhammad Subarkah/ Red: Didi Purwadi

Ketua MPR, Zulkifli Hasan, melakukan sosilasi '4 Pilar Kebangsaan' di beberapa tempat di wilayah Lampung, Kamis (27/8).

Ketua MPR, Zulkifli Hasan, melakukan sosilasi '4 Pilar Kebangsaan' di beberapa tempat di wilayah Lampung, Kamis (27/8).

Foto: Republika/Muhammad Subarkah

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG -- Ketua MPR, Zulkifli Hasan mengimbau, sudah saatnya parpol yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) serta seluruh elemen bangsa harus bersatu menghadapi situasi dan kondisi ekonomi yang melemah dan berat. Semua pihak diimbau segera merajut kembali sikap gotog royong dan mengedepankan musyawarah mufakat ketika memecahkan persoalan.

"Saatnya KMP-KIH, Muhammadiyah-NU dan seluruh elemen bangsa bersatu. Sudah tidak relevan lagi (gaduh -red). Kalau bersatu, kita akan solid dan kompak dan menghadapi situasi sulit ini. Tanpa kesolidah sikap, maka krisis ekonomi akan sulit diatasi," kata Zulkifli Hasan ketika melakukan sosilasi '4 Pilar Kebangsaan' di beberapa tempat di wilayah Lampung, Kamis (27/8).

Zulkifli mengatakan meskipun saat ini situasi ekonomi belum seperti reformasi tahun 1998, tapi keadaan ekonomi sudah mulai melambat dan berat. Ini tampak jelas, meski belum ada PHK besar-besaran, tapi sudah ada pengurangan tenaga kerja hingga pembatasan jam kerja.

"Ini menunjukkan ekonomi Indonesia ada apa-apa, bukan lagi ekonomi tidak ada apa-apa. Untuk itu mari bersatu menghadapi situasi ekonomi yang berat ini, " kata Zulkifli.

Ditambahkan Zulkifli, jika dalam ekonomi sulit ini, seluruh elemen bangsa menciptakan kegaduhan dan 'bertengkar' terus-menerus, maka negara Indonesia berpotensi akan mengalami disintegrasi atau perpecahan.

"Sudah (ekonomi-red) sulit, sudah gaduh dan tarung, ditambah tidak bisa bersatu, maka bisa 'sayonara' beberapa daerah kita. Tapi kalau bersatu, seberat apapun tantangan ekonomi yang dihadapi, maka itu pasti akan bisa diatasi, " katanya.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler