Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Ketua MPR: Rapat Konsultasi Antarlembaga Pererat Koordinasi

Rabu 05 Aug 2015 19:01 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

rapat konsultasi menghadirkan ketua lembaga negara.

rapat konsultasi menghadirkan ketua lembaga negara.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menghadiri rapat konsultasi bersama pimpinan tinggi negara, Rabu (5/8). Zulkifli mengatakan, forum Rapat Konsultasi antar lembaga-lembaga negara adalah forum yang baik untuk membicarakan perbedaan pandangan dan pendapat antar lembaga negara. Apalagi membahas isu -isu genting yang bisa berdampak pada kestabilan negara, dibutuhkan koordinasi yang intens.

Zulkifli menyebutkan, lembaga-lembaga negara termasuk MPR, DPR, DPD, Presiden, BPK, KY, MK,MA Harus saling bertemu untuk  menyamakan visi  kebangsaan.  ''Jika ada perbedaan pandangan antar lembaga negara atau kementerian, maka forumnya adalah Rapat Konsultasi," ujar Ketua MPR, usai mengikuti Rapat Konsultasi antar lembaga negara, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu ( 5/8 ).

Mengenai pelaksanaannya, lanjut Zulkifli, bisa dilakukan dua bulan atau tiga bulan sekali.  Tapi, jika ada masalah yang sangat mendesak, Rapat Konsultasi bisa disegerakan pelaksanaannya. Menurutnya, Perbedaan pendapat antar lembaga-pembaga negara sangat mungkin terjadi dan wajar, sebab Indonesia adalah negara demokrasi.

''Tapi, bila perbedaan pendapat tersebut makin meruncing dan menyentuh hal-hal yang prinsip dan sensitif, maka perlu ada satu forum untuk memecah kebuntuan,'' ujarnya. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler