Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

HNW: Carikan Pulau untuk Pengungsi Rohingya

Senin 25 May 2015 15:50 WIB

Rep: c30/ Red: Agung Sasongko

Hidayat Nur Wahid

Hidayat Nur Wahid

Foto: ROL/Fian Firatmaja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Hidayat Nur Wahid tidak perlu membatasi waktu penampungan pengungsi Rohingya. Ia menilai pemerintah segera saja bertindak mencarikan pulau kosong untuk warga Rohingya.

Di sisi lain, pemerintah juga harus terus melobi negara-negara kaya supaya ikut membatu Rohingya. Misalnya saja mengajak kerjasama Qatar, Quait, dan Saudi Arabiya. “Saat ini, United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) menyatakan bersedia membantu warga Rohingya,” ujar HNW, Senin (25/5).

Selain itu, HNW pun meminta pemerintah untuk mengajak negara-negara ASEAN mendesak Presiden Myanmar Thein Sein bertanggungjawab terhadap kasus Rohingya dan menghadirkan solusi namun bukan dengan mengusir warga Rohingya.

HNW menyayangkan aksi diam pemenang Nobel Perdamaian Aung San Suu Kyi, yang seharusnya angkat bicara mengenai nasib kaum Rohingya tersebut.

"Saya tidak diam karena kalkulasi politik. Saya diam, karena di sisi manapun saya berdiri akan ada darah di sana. Jika saya berbicara mengenai hak asasi (Rohingya) maka mereka hanya akan menderita," katanya dalam wawancara dengan Washington Post, Desember 2014 lalu.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler