Tuesday, 14 Syawwal 1445 / 23 April 2024

Tuesday, 14 Syawwal 1445 / 23 April 2024

MPR Minta Kemendikbud Kembalikan Pancasila Sebagai Mata Pelajaran Pokok

Senin 02 Mar 2015 18:31 WIB

Rep: niken paramita/ Red: Taufik Rachman

Ahmad Basarah

Ahmad Basarah

Foto: Republika/Agung Supriyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Badan Sosialisasi MPR, Ahmad Basarah, meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengembalikan Pancasila sebagai mata pelajaran pokok di sekolah. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menanamkan kembali pancasila sebagai ideologi bangsa. Pancasila adalah mental setiap warga negaranya.

Selama ini, Basarah menilai, nilai-nilai pancasila sudah semakin ditinggalkan. "Mata pelajaran Pancasila sekarang masuk dalam pelajaran PKN (Pendidikan Kewarganegaraan). Jokowi punya momentum yang baik untuk mengembalikan pendidikan dengan falsafah pancasila," kata Basarah disela diskusi kenegaraan di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (3/2).

Untuk mempertegas langkahnya ini, MPR menurut Basarah juga sudah berkoordinasi secara langsung dengan Kemendikbud. MPR memanggil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan untuk membahas lebih lanjut akan hal ini.

"MPR sudah berkoordinasi dengan pemerintah, memastikan secara politik pendidikan mau memasukan kembali mata pelajaran Pancasila sebagai mata pelajaran pokok," katanya.

Selain itu, Basarah juga meminta presiden untuk membentuk secara khusus lembaga mental bangsa. Pembentukkan badan ini untuk memastikan agar anak bangsa tidak melupakan nilai-nilai pancasila.

"Nilai kebangsaan sebagai agenda nasional. Seluruh lembaga negara punya kewajiban memantapkan mental dan ideologi bangsa, " tambahnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler