Sabtu, 4 Zulqaidah 1435 / 30 Agustus 2014
find us on : 
  Login |  Register

Jokowi Sungkem pada Ibunya

Rabu, 19 September 2012, 15:50 WIB
Komentar : 1
ANTARA
Walikota Solo, Joko Widodo (kiri) sungkem untuk memohon doa restu kepada ibunya sebelum berangkat mengikuti Pilgub DKI Jakarta di Sumber, Solo, Jateng, Rabu (19/9).
Walikota Solo, Joko Widodo (kiri) sungkem untuk memohon doa restu kepada ibunya sebelum berangkat mengikuti Pilgub DKI Jakarta di Sumber, Solo, Jateng, Rabu (19/9).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), sebelum berangkat ke Jakarta untuk mengikuti Pemilihan Gubernur DKI Jakarta Kamis (20/9), terlebih dahulu melakukan sungkeman pada ibunya, Sujiatmi Notomiatdjo di kediamannya.

Acara sungkeman yang dilakukan oleh Jokowi yang juga sebagai Wali Kota Surakarta di kediaman ibundanya di jalan Pleret Raya no. 9A, Sumber, RT 01/VII, Kecamatan Banjarsari, Solo, Rabu (19/9) itu berlangsung singkat, hanya sekitar dua menit saja.

Sebelum dilakukan sungkem, Sujiatmi sudah berada di ruang tamu. Tak berselang lama, Jokowi datang dari ruang belakang masuk ke ruang tamu dimana ibunya berada. Menghampiri ibunya, Jokowi langsung bersimpuh di depan Sujiatmi di lantai, sementara Sujiatmi duduk di salah satu kursi ruang tamu.

Saat sungkem, beberapa kali Sujiatmi mengelus punggung Jokowi. Ia membisikkan kata-kata di telinga pria yang saat ini masih menjabat sebagai Wali Kota solo Surakarta tersebut. Jokowi menyampaikan, acara sungkeman dilakukan untuk meminta doa restu dari sang ibunda sebelum dirinya berangkat ke jakarta.

"Biasa, hanya sungkeman. Tidak ada ritual khusus, untuk menghadapi Pilgub DKI Jakarta yang akan berlangsung Kamis(20/9)," kata Jokowi kepada wartawan usai melakukan sungkeman tersebut.

Ia mengakui, acara sungkeman seperti ini dilakukan saat akan menunaikan hajat-hajat besar. "Ya termasuk saat ini dalam Pilgub DKI Jakarta," katanya.

Sujiatmi sendiri mendoakan keselamatan Jokowi saat Pilgub besok. Ia juga memberikan dukungan moril maupun moral kepada putranya agar dapat menunaikan tugasnya dengan baik.

Orang tua Jokowi, Sujiatmi bersama dengan istri Jokowi, Iriana Joko Widodo Rabu ini bertolak dari Solo menuju Jakarta dengan penerbangan pukul 09.00 WIB. Jokowi sendiri terbang ke Jakarta pada Rabu sore. Sementara, keluarga besarnya berangkat ke Jakarta dengan menggunakan bus.

Redaktur : Yudha Manggala P Putra
Sumber : Antara
Demi Allah, kami tidak akan mengangkat seorang pun yang meminta sebagai pemimpin atas tugas ini dan tidak juga seorang yang berambisi memperolehnya.(HR Muslim )
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar