Selasa 18 Sep 2012 07:45 WIB

Gerakan Revolusi Cerdas DKI dari Para Seniman

Katon Bagaskara
Foto: Dok Republika
Katon Bagaskara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sebuah gerakan 'Revolusi Cerdas DKI' digagas penyanyi Katon Bagaskara. Gerakan tersebut bertujuan tidak lain adalah untuk menyukseskan Pilkada DKI Jakarta putaran kedua, yang akan berlangsung pada Kamis (18/9).

Karena itu, suami Ira Wibowo ini meminta masyarakat Jakarta agar menggunakan hak pilihnya sebaik mungkin sebagai bagian dari wujud demokrasi.

"Kami ingin mencoba mengawal demokrasi, kami tidak ingin jadi apatis," ujar Katon di Jakarta, Senin (17/9) yang hadir bersama Deddy Mizwar, Indra Bekti, Andre Hehanusa, Glenn Fredly, dan Charles Bonar Sirait.

"Tidak memilih bukanlah pilihan. Itu artinya menyerahkan pilihan pada orang lain untuk memilih untuk Anda," kata penggagas gerakan yang disebut tidak memihak siapa pun itu.

Seorang yang tidak berpartisipasi dalam proses demokrasi, menurut dia, tidak sepatutnya mengeluh tentang lingkungan sekitar karena mereka tidak terlibat.

Ajakan serupa juga diserukan Deddy Mizwar. Ia mengajak agar masyarakat memanfaatkan hak pilihnya sehingga pemimpin yang kelak terpilih benar-benar mewakili rakyat.

Deddy tetap peduli pada kelangsungan pemilukada DKI Jakarta demi memperbaiki kualitas pilkada di seluruh penjuru tanah air walaupun dirinya tidak mempunyai hak pilih pada 20 September karena bukan warga DKI Jakarta.

"Kita mulai dari Jakarta sebagai barometer Indonesia. Kalau di Jakarta sudah tercipta pemilukada yang jujur, maka akan menyebar ke daerah lainnya," ujar aktor yang merupakan warga Bekasi itu.

Glenn Fredly pun mengamini hal tersebut. "Ini waktunya Jakarta baru, Jakarta dengan kepedulian bersama menciptakan Indonesia yang baik, Indonesia yang mensejahterakan," ujarnya.

Sementara itu menurut Indra Bekti, peduli pada proses pilkada sama dengan memperjuangkan hak sebagai warga negara Indonesia. "Semua yang dilakukan ini memakai uang kita lho, yang pajak-pajak itu," kata pria yang mengaku tidak pernah golput itu.

Bila ada kecurangan dan pilkada tidak berjalan dengan lancar, tentu uang rakyat yang dikeluarkan akan lebih banyak lagi. Revolusi Cerdas DKI juga didukung oleh para seniman dan pesohor seperti presenter berita Putra Nababan, Arief Suditomo, Rosiana Silalahi, penyanyi Andien, pemain sinetron Luna Maya, Andrew Darwis, Nugie, dan Sherina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement