Ahad 16 Sep 2012 00:14 WIB

Jokowi Ingin Bangun Kampung Susun Bukan Apartemen

Jokowi saat mendatangi pendukungnya
Foto: Antara
Jokowi saat mendatangi pendukungnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) memiliki konsep baru pembangunan rumah tinggal bagi penduduk DKI, yaitu kampung susun. Tapi ditegaskan Jokowi, yang ingin dibangunnya bukan apartemen meski memiliki kesamaan bentuk.

"Bedanya dengan rumah susun, kalau rumah susun bentuknya mirip apartemen, sedangkan kampung susun bentuknya seperti kampung, tetapi bertingkat," kata Jokowi ketika mengunjungi warga Koja, Jakarta Utara, Sabtu (15/9).

Jokowi berpendapat konsep tersebut tidak akan mengubah tata ruang menjadi gedung, sehingga keadaan perkampungan masih dapat dipertahankan. "Konsep ini sebenarnya diadopsi langsung dari keinginan masyarakat seiring dengan terus bertambahnya kepadatan penduduk di Jakarta," tutur Jokowi.

Di kampung susun, lanjut Jokowi, juga akan dibangun ruang terbuka hijau dan ruang publik yang bersih dan nyaman untuk anak-anak. Terkait pelaksanaan pembangunan kampung susun tersebut, Jokowi akan menyerahkan langsung kepada masyarakat dan menggunakan jasa satu kontraktor saja.

"Kalau menggunakan jasa kontraktor secara keseluruhan, biaya yang dibutuhkan akan sangat besar, sekitar  Rp 10 sampai Rp 12 miliar," ujar Jokowi.

Dengan menyerahkan pembangunan kampung susun tersebut kepada masyarakat dan satu kontraktor, Jokowi memperkirakan dapat melakukan penghematan sebesar 40 persen dari anggaran yang akan disediakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement