Sabtu 15 Sep 2012 17:01 WIB

Jokowi: Pendidikan Bukan Hanya Gratisnya, tapi Kualitasnya

Jokowi saat mendatangi pendukungnya
Foto: Antara
Jokowi saat mendatangi pendukungnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hal terpenting dari program pendidikan gratis adalah kualitas dari pendidikan itu sendiri. Jadi, bukan gratisnya melainkan kualitasnya.

"Karena kalau pendidikannya gratis, namun kualitasnya rendah itu percuma," kata Calon Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) menilai ketika menghadiri acara silaturahim bersama Ikatan Keluarga Alumni Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, di Gedung Serba Guna Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (15/9).

Jokowi berpendapat seharusnya dengan total anggaran pendidikan DKI Jakarta yang sangat besar yaitu sekitar Rp 9,8 triliun, kualitas pendidikan di ibukota dapat ditingkatkan. Jokowi mengaku memiliki konsep tersendiri terkait masalah pendidikan di Jakarta.

"Saya pikir di wilayah-wilayah pinggiran Jakarta harus dibangun juga sekolah-sekolah unggulan. Maksudnya, dibangun SD, SMP dan SMA yang berkualitas, sehingga warga tidak bertumpuk di pusat Jakarta," kata Fauzi.

Politisi PDI Perjuangan itu menuturkan sekolah berkualitas yang dimaksud adalah sekolah dengan infrastruktur, tata ruang serta fasilitas yang lengkap. "Artinya, infrastruktur dilengkapi, fasilitas juga dilengkapi dan yang paling penting adalah mengenai tata ruang, karena harus ada penghijauan," ujar Wali Kota Surakarta itu mengakhiri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement