Sabtu 15 Sep 2012 12:43 WIB

Jokowi-Ahok Kampanyekan Ibu Menyusui

Rep: Andi Ikhbal/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Ibu menyusui (ilustrasi)
Foto: Republika/Musiron
Ibu menyusui (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Salah satu kampanye Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jokowi-Ahok adalah penyuluhan pada masyarakat mengenai pentingnya Air Susu Ibu (ASI) ekslusif pada anaknya. Selama ini masyarakat terlalu percaya dengan kualitas susu formula, sehingga penggunaan susu ibu dianggap kurang.

 

Ketua Pelaksana Penyuluhan Masayarakat dalam acara Bincang ASI, Yuda Lukmana, Sabtu (15/9) mengatakan, asumsi masyarakat yang salah mengenai susu ibu harus diubah. Sekarang ini, kebanyakan ibu yang baru melahirkan langsung memberikan susu formula pada bayinya dengan alasan air susunya belum keluar.

"Padahal bayi yang baru lahir sanggup berpuasa selama 3 hari, sambil menunggu air susu ibunya siap," kata Yuda pada Republika, Sabtu. Yuda berharap dengan adanya program ini, maka masyarakat tidak lagi meremehkan ASI. Juga, paradigma yang menyatakan, susu ibu hanya untuk warga kurang mampu, bisa hilang.

Kemudian, nantinya masyarakat juga bisa sadar akan pentingnya kebutuhan bayi terhadap ASI. Selain itu, Yuda menuturkan, tujuan kegiatan ini, agar pemerintah nantinya peduli dengan para ibu yang ingin memberikan ASI ekslusif di tempat-tempat umum.

Acara Bincang ASI ini berlokasi di Posko Jokowi-Ahok, Jalan Borobudur No. 22, Menteng, Jakarta Pusat. Kegiatan kampanye oleh Basuki (Ahok) tersebut dihadiri beberapa nara sumber seperti, Mia Sutanto, Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui, Anggie Mursyidan, Ikatan Konselor Menyusui Indonesia, Dr. Jeanne Ross, Perkumpulan Perinatologi Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement