Sabtu, 1 Muharram 1436 / 25 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Video Parodi Jokowi Sindir Foke Beredar

Senin, 27 Agustus 2012, 11:39 WIB
Komentar : 25
Youtube.com
Video parodi 'tim sukses' Jokowi-Ahok menyindir rumitnya membuat KTP di Jakarta beredar di Youtube.
Video parodi 'tim sukses' Jokowi-Ahok menyindir rumitnya membuat KTP di Jakarta beredar di Youtube.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menghadapi putaran kedua Pemilukada DKI Jakarta, muncul video kreatif yang mendukung calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dan Basuki T Purnama. Video parodi yang diunggah di situs Youtube itu mengisahkan warga Jakarta yang terhambat aktivitasnya membuat kartu tanpa penduduk (KTP) gara-gara macet.

Video berjudul 'JOKOWI DAN BASUKI - what makes you beautiful by one direction [PARODY]' itu diunggah seseorang yang mengatasnamakan 'CameoProject' pada Sabtu (25/8) kemarin. Baru satu hari diunggah, hingga Senin (27/8) pukul 11.00 WIB, video berdurasi tiga menit 22 detik itu sudah ditonton 121.382 orang

Video itu menampilkan empat karakter yang mewakili beragam etnis yang hidup di Jakarta. Lirik lagu tersebut mengisahkan warga Jakarta yang hendak membuat KTP. Di awal video, aktor pertama baru bangun jam delapan pagi, padahal hari itu hendak menemu petugas kelurahan terdekat untuk membuat KTP. Meski sudah secepat kilat mencoba mengejar ketertinggalan waktu, ia harus menelan pil pahit melihat kenyataan pahit yang saban hari menimpa warga Jakarta, macet. Akhirnya perjalanan aktor pertama ke kelurahan terhambat.

Di pertengahan video, muncul tiga aktor lainnya yang mewakili berbagai etnis yang hidup di Jakarta. Selain macet, mereka mengeluhkan berbagai masalah Jakarta, seperti banjir, kumuh, berantakan, dan berbagai 'setoran' saat mengurus surat-surat.

Masih dalam video tersebut, penderitaan keempat aktor tidak berhenti hanya di macet. Saat tiba di kelurahan setelah tiga jam perjalanan, mereka terhenyak melihat puluhan orang antre untuk membuat KTP. Parahnya, petugas tidak ada petugas kelurahan yang muncul.

Akhirnya, seorang petugas kelurahan bertampang garang dengan kumis melintang menemui antrean warga. Di dalam video yang memparodikan lagu 'What makes you beautiful' milik Boy Band asal Irlandia-Inggris, One direction itu, sang petugas kelurahan berjanji menyelesaikan pembuatan KPT dalam tiga bulan. Asal mereka bayar setoran.

Tak tahan dengan kesemrawutan Jakarta, di akhir video keempat aktor tersebut membuka baju mereka dan berganti memakai baju kotak-kotak, kostum Jokowi-Ahok. "Jakartaku kok bisa kejam begini, Macet kumuh brantakan ga kenal hari. Kiri kanan setoran ga berhenti-henti Kubutuh, Uh uh, Kubutuh mas Jokowi. Ku mau macet jakarta teratasi, Ku mau kumuh jakarta diberesi. Jangan lagi setoran kanan dan kiri, Ku mau, Uh uh, Jokowi dan Basuki. Ku mau banjir diberesin, Anggaran pembangunan gak dicomotin. Rakyat miskin juga bisa diayomin, Ku mau, Uh uh, Ku mau mas Jokowi, Ih ih, Juga mas Basuki, Ih ih, Jokowi dan Basuki.." demikian penggalan lirik yang disebut sang pengunggah dibuat Mr Toto.

Berbagai tanggapan pun menyambangi kolom komentar di video tersebut. "Ini dia generasi kreatif, menyampaikan gagasan tanpa kekerasan....!!!!" tulis @Maston Sinaga.

Hampir semua komentar di video tersebut mendukung Jokowi-Ahok terpilih sebagai DKI 1 dan DKI 2. "Saya sampai menangis mendengar video ini berkali-kali...entah karean saking kocaknya atau krn terharu merasa sangat terwakili meneriakkan realita...." tulis pemilik akun @daniel3552.

Meski begitu, di kolom deskripsi sang pengunggah mengklaim jika video tersebut bukan untuk kampanye. "Ini bukan kampanye, hanya curahan hati sekelompok simpatisan yang mewakili manusia yang rindu perubahan di jakarta... enjoy!" kata CameoProject.

Berikut video kreatif dukungan untuk Jokowi-Ahok:

Tiada beriman kepadaku orang yang bermalam (tidur) dengan kenyang sementara tetangganya lapar padahal dia mengetahui hal itu. ((HR. Al Bazzaar))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Hampir Sama dengan Sistem Pesawat, Pengemudi Truk Ini Bisa 'Selonjoran'
WASHINGTON DC -- Truk biasanya digunakan untuk mengantar barang jarak jauh. Kelelahan selalu menjadi kendala dari pengemudi truk. Akan hal itu Mercedes-Benz menciptakan...