Wednesday, 8 Ramadhan 1439 / 23 May 2018

Wednesday, 8 Ramadhan 1439 / 23 May 2018

Ramadhan, Momen Jokowi-Ahok Gaet Pemilih

Senin 16 July 2012 20:32 WIB

Red: Djibril Muhammad

Pasangan Cagub/Cawagub DKI Jakarta Jokowi (depan kedua kiri) dan Ahok (depan kedua kanan) bersama pendukungnya di posko Tim Sukses di Jalan Borobudur, Jakarta, Rabu (11/7).

Pasangan Cagub/Cawagub DKI Jakarta Jokowi (depan kedua kiri) dan Ahok (depan kedua kanan) bersama pendukungnya di posko Tim Sukses di Jalan Borobudur, Jakarta, Rabu (11/7).

Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pasangan cagub-cawagub Pilkada DKI Jakarta Joko Widodo-Basuki Tjahaja akan memanfaatkan kegiatan-kegiatan di Bulan Ramadhan sebagai upaya untuk merangkul warga menjelang Pilkada putaran kedua 20 September mendatang.

"Kami akan melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan bersama dengan warga DKI, seperti pengajian, buka bersama dan shalat tarawih," kata anggota tim sukses Jokowi-Ahok, Prasetyo Bendum saat dihubungi di Jakarta, Senin (16/7).

Prasetyo Bendum menjelaskan strategi pemenangan timnya masih berfokus kepada rakyat, terutama masyarakat menengah ke bawah. "Perhatian kami memang tertuju pada masyarakat kelas menengah bawah karena masih kurang akan informasi visi misi kami," katanya.

Prasetyo mengatakan bahwa strategi tersebut dikenal dengan istilah 'turba', yaitu turun ke bawah. Slogan itu

berarti Jokowi-Ahok bersama timses akan melakukan pendekatan ke rakyat yang saat ini kurang 'tersentuh' pemerintah.

Dia juga mengatakan masih akan menggunakan teknologi sebagai upaya pendekatan tersebut ke masyarakat menengah ke atas. "Masyarakat menengah ke atas sudah kritis dan sudah mempunyai pilihan sesuai hati nurani. Jadi, fokus kita memang ke kelas menegah ke bawah," katanya.

Jokowi-Ahok menggunakan fitur 'broadcast message' dari 'blackberry messanger (BBM) untuk mengenalkan sosok mereka kepada rakyat menengah atas, sementara pasangan nomor urut tiga tersebut membagikan dan memperlihatkan video 'Jakarta Baru' kepada rakyat menengah atas pada masa kampanye 24 Juni hingga 7 Juli 2012.

Berdayakan Perempuan

Sebelumnya, anggota tim sukses Jokowi-Ahok untuk daerah Jakarta Utara Dewi Aryani mengatakan akan memberdayakan perempuan untuk meraih suara terbanyak mengingat lebih dari 50 persen pemilih adalah kaum perempuan.

"Sosok Jokowi memang kuat. Sikapnya yang sederhana dan jujur merupakan 'magnet' bagi perempuan terutama kaum ibu untuk datang ke TPS," katanya.

Anggota Komisi VII DPR itu menjelaskan Jokowi dapat mewujudkan program yang kebut praktis, seperti pasar tradisional serta biaya transportasi yang mudah dan murah. Dia menambahkan tetap akan melakukan pendekatan dari pintu ke pintu yang merupakan andalan timsesnya.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA