Kamis 05 Jul 2012 11:32 WIB

Kunjungi Hutan Kota Srengseng, Hidayat Dihadang Anggota Bawaslu

Hidayat Nurwahid menyapa warga.
Foto: hidayatdidik.net
Hidayat Nurwahid menyapa warga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Calon Gubernur DKI Jakarta Hidayat Nur Wahid sempat mendapat larangan dari salah seorang anggota Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Provinsi DKI Jakarta saat akan mengunjungi Hutan Kota Srengseng, Jakarta Barat, Kamis (5/7). Anggota Banwaslu yang bernama Lukman Husain yang ditemani salah seorang rekannya menghadang rombongan Hidayat di pintu gerbang hutan kota tersebut.

Keributan pun tak bisa dielakkan karena Lukman bersikeras melarang calon gubernur nomor urut empat itu masuk kawasan hutan kota. "Bapak tidak bisa menggunakan fasilitas pemerintah untuk kampanye. Ini kan punya pemerintah," kata Lukman.

Menanggapi pernyataan tersebut Hidayat kemudian mengklarifikasi bahwa kedatangannya ke Hutan Kota tersebut bukan untuk kampanye, namun ingin meninjau langsung kondisi hutan kota yang berlokasi di Jalan Haji Kelik Kembangan, Jakarta Barat tersebut.

"Pak, kampanye itu jika sepasang calon hadir bersamaan dan menyampaikan visi misi. Ini saya datang sendirian, dan tidak untuk menyampaikan visi-misi," jelas Hidayat.

Meskipun Hidayat sudah menjelaskan panjang lebar, Lukman tetap tidak menghiraukan penjelasan mantan Ketua MPR RI itu. Hal itu pun mengundang emosi warga setempat dan pendukung Hidayat. Salah satu relawan Erwin yang juga warga setempat itu sempat emosi dengan ulah anggota Banwasu itu.

"Banwaslu harusnya netral. Tidak berhak melarang siapa pun untuk melakukan apa pun. Tugasnya hanya mengawasi," Kata Erwin.

Kericuhan pun tidak terhindarkan pada kesempatan itu, namun aparat kepolisian sempat melerai kejadian tersebut dan mengamankan Lukman yang masih bersikeras melarang rombongan Hidayat untuk masuk. Meskipun Lukman menunjukkan tanda pengenalnya sebagai Anggota Banwaslu, semua pihak yang ada di situ meragukannya lantaran tindakannya tersebut.

Hidayat sangat menyayangkan kejadian itu, menurutnya, seharusnya Lukman berkoordinasi lebih dahulu dengan KPU (Komisi Pemilihan Umum) maupun Panwaslu setempat. Selain itu komunikasi juga dengan panitia terkait agendanya ke Hutan Kota tersebut apa saja.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Panwaslu Jakarta Barat, mereka mengizinkan. Karena saya ke sini sendirian, tidak didampingi Pak Didik. Saya kesini juga bukan untuk menyampaikan visi misi saya," kata Hidayat saat jumpa pers.

Hidayat pun berkeliling Hutan Kota Srengseng bersama beberapa pengawalnya untuk meninjau langsung lokasi tersebut cukup lama. Tidak ada aktifitas apa pun selain mengitari hutan tersebut kemudian melanjutkan aktifitasnya ke Kali Deres Jakarta Barat untuk berkampanye.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement