Senin 02 Jul 2012 17:23 WIB

Alex: Kepulauan Seribu Butuh Zona Ekonomi Khusus

Rep: Amri Amrullah/ Red: Heri Ruslan
alex noerdin
Foto: yogi ardhi
alex noerdin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketimpangan pembangunan di Kepulauan Seribu sebagai bagian dari Provinsi DKI Jakarta sudah menjadi rahasia umum. Wilayah administratif yang masuk dalam Kabupaten Kepulauan Seribu itu seringkali menjadi wilayah terakhir yang merasakan maraknya pembangunan di ibu kota.

Pasangan calon pun mengusulkan agar wilayah Kepulauan Seribu menjadi kawasan ekonomi khusus agar pembangunan di wilayah Kepulauan di DKI itu tidak lagi timpang dari lima wilayah lain di Jakarta. Hal itu disampaikan calon Gubernur dan wakil Gubernur nomor urut 6, Alex Noerdin dan Nono Sampono ketika mengunjungi tiga pulau hunian di wilayah Kepulauan Seribu, Pulau Kelapa, Panggang dan Pramuka.

"Untuk menjaga pembangunan yang adil bagi warga di Kepulauan Seribu, maka perlu zona kawasan ekonomi khusus bagi Kepulauan Seribu," ungkap Alex kepada warga yang berada di Pulau Panggang, Senin (2/7).

Dengan adanya kawasan ekonomi khusus bagi wilayah Kepulauan Seribu ini, jelas Alex, maka pembangunannya pun akan disesuaikan dengan ciri khas wilayah sesuai dengan potensi Kepulauan Seribu.

Alex mencontohkan infrastruktur, yang dibutuhkan di kepulauan seribu adalah infrastruktur transportasi laut yang memadai. Menurut dia, bukan yang ada seperti saat ini, dimana kapal yang digunakan sebenarnya diperuntukkan transportasi sungai. "Kapal penumpang laut, perbaikan dermaga dan bantuan terhadap para Nelayan harus menjadi prioritas," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement